search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

CFD Boulevard Mulai Padat Meski Belum Resmi Dibuka

doelbeckz - Pluz.id Minggu, 12 Juli 2020 12:30
CFD. Suasana Jl Boulevard, Kota Makassar, tanpa Car Free Day (CFD), Minggu (5/7/2020). foto: doelbeckz/pluz.id
CFD. Suasana Jl Boulevard, Kota Makassar, tanpa Car Free Day (CFD), Minggu (5/7/2020). foto: doelbeckz/pluz.id

PLUZ.ID, MAKASSAR – Kawasan penerapan Car Free Day (CFD) di Jl Boulevard, Kota Makassar, mulai dipadati warga yang melakukan aktivitas olahraga akhir pekan.

Seperti terlihat, Minggu (12/7/2020) pagi. Padahal, kegiatan ini belum resmi dibuka kembali oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sejak empat bulan terakhir ditutup sementara akibat pandemi Virus Corona (Covid-19).

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar, Mario Said, menyampaikan, pihaknya belum resmi membuka kembali aktivitas CFD yang dilakukan setiap akhir pekan. Meski begitu, Pemkot Makassar juga tidak melarang masyarakat melakukan aktivitas olahraga di wilayah tersebut.

“Belumpi secara formal dibuka. Tapi kita tetap ada pengawasan di daerah itu, ada anggota kita yang berada di lokasi memberikan sosialisasi berolahraga dengan tetap memenuhi protokol kesehatannya, seperti menggunakan masker dan jaga jarak,” papar Mario Said, Minggu (12/7/2020).

Mario menjelaskan, aktivitas masyarakat seperti olahraga tidak dianjurkan untuk memakai masker kecuali hanya sekedar duduk bersama atau berkumpul di lokasi CFD. Selain itu, jaga jarak mesti diperhatikan masyarakat agar tidak terjadi penyebaran.

“Kalau dia sementara berolahraga tidak masalah membuka maskernya. Kalau orang jogging atau lari boleh pakai masker, bersepeda juga. Hanya kalau dia duduk-duduk lagi istirahat, itu yang kita imbau untuk pakai masker,” ucapnya.

Sementara, salah satu warga yang melakukan aktivitas olahraga di CFD Boulevard adalah Nursandy Syam.

“Kita juga perlu berolahraga untuk menjaga kebugaran dan kesehatan. Namun, tetao memenuhi protokol kesehatan,” ujar Manager Strategi dan Operasional Jaringan Suara Indonesia (JSI) ini.

Sebelumnya, berbagai cara dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk mencegah penyebaran virus corona. Termasuk mengurangi melakukan aktivitas di luar rumah.

Salah satunya dengan meniadakan sementara CFD yang digelar setiap hari Minggu pagi di tiga lokasi, yakni Pantai Losari, Jl Boulevard, dan Jl Jenderal Sudirman. (***)

Penulis : Anas

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top