search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Ballon d’Or 2020 Ditiadakan

doelbeckz - Pluz.id Selasa, 21 Juli 2020 16:00
Tropi Ballon d'Or. foto: istimewa
Tropi Ballon d'Or. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Ajang penganugerahan Ballon d’Or 2020 ditiadakan. Pandemi virus corona (Covid-19) menjadi penyebab tak ada penyerahan bola emas kepada pesepak bola terbaik musim ini.

Sepak bola salah satu sektor yang paling terdampak pandemi virus corona. Liga-liga di Eropa banyak yang rehat sampai bulan Juni, ada juga yang musim 2019/2020 disetop permanen. Liga Prancis dan Liga Belanda, merupakana dua liga sepak bola yang ikut ditidadakan.

Dengan pertimbangan bahwa tahun ini merupakan musim luar biasa, France Football Magazine memutuskan untuk tak memberi penghargaan bola emas.

“Ini tahun yang aneh, sehingga kami tak bisa memperlakukannya seperti biasa. Katakanlah bahwa kita mulai membahas (untuk mengambil keputusan) sejak dua bulan lalu,” ungkap Pascal Ferre, Editor France Football, seperti dilansir AP.

“Itu bukan keputusan yang kami ambil dengan gampang, tapi kami harus menerima bahwa tahun ini tak bisa mengadakan Ballon d’Or secara normal seperti yang dikenal publik, sebab kami khawatir nantinya kami tak bisa memberi penghargaan dengan adil,” lanjutnya.

Ballon d’Or merupakan penghargaan tahunan untuk pemain yang menonjol dalam satu tahun kalender. Pemberian bola emas pertama dilakukan France Football pada 1956, Stanley Matthews yang menjadi pemenangnya.

Saat ini, Lionel Messi masih menjadi peraih Ballon d’Or terbanyak dengan catatan menerima enam bola emas. Cristiano Ronaldo ada di posisi berikutnya dengan kumpulan lima Ballon d’Or. Kedua pemain itu pernah melakukan duopoli Ballon d’Or selama satu dekade sebelum dipatahkan Luka Modric pada 2018 lalu. Tahun 2019 lalu pengahargaan ini kembali ke pangkuan Lionel Messi. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top