search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Alfred Riedl Meninggal Dunia

doelbeckz - Pluz.id Rabu, 09 September 2020 09:30
Alfred Riedl. foto: istimewa
Alfred Riedl. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Kabar duka menyelimuti sepak bola Indonesia. Mantan pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl dinyatakan meninggal dunia di usianya ke-70 akibat penyakit kanker yang diderita di negaranya Austria.

Kabar ini tayang di media Austria, Kurier, yang menyatakan, Alfred Riedl menutup usia, Senin (7/9/2020). Disebutkan, pria kelahiran Wina itu, memang sudah lama berjuang melawan penyakit.

Bahkan 13 tahun lalu, ia pernah menerima ginjal dari seorang pendonor. Hal itu juga yang diduga membuat Riedl gagal melatih Persebaya Surabaya di Shopee Liga 1 2019 lalu.

Pada akhirnya, Alfred Riedl gagal menangani Bajul Ijo, karena dugaan masalah kesehatan. Asistennya, Wolfgang Pikal yang kemudian menjadi Pelatih Persebaya, namun cuma bertahan seumur jagung.

“Kabar duka, Eks Bos OFB (Federasi Sepakbola Austria) meninggal dunia di usianya yang ke-70, karena penyakit serius. Alfred Riedl meninggal dunia karena kanker pada Senin malam sebelum hari Selasa,” tulis Kurier.

Meski tak pernah memberikan prestasi buat Timnas Indonesia, nama Riedl cukup tersohor di sepakbola Tanah Air. Ia lebih dari sekali menangani Timnas Indonesia, tepatnya pada 2010, 2013, dan 2016. Selain masa baktinya yang panjang, ia juga terkenal sebagai pelatih tegas.

Dalam periode pengabdiannya di Indonesia, ia dua kali mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke babak final Piala AFF pada edisi 2010 dan 2016. Paling istimewa pada 2016, karena Timnas Indonesia tampil dengan skuat seadanya, karena pembatasan maksimal memanggil dua pemain dari setiap klub. Sayang, dua kali pula Timnas Indonesia kalah di partai puncak.

Di luar Indonesia, nama Riedl juga harum di Vietnam. Ia pernah mengantar Vietnam menjadi runner-up Piala Tiger (nama lama Piala AFF) 1998. Vietnam juga berhasil dibawanya ke babak perempat final Piala Asia 2007.

Di level timnas, Alfred Riedl juga pernah melatih Austria, Liechtenstein, Palestina, Laos, dan beberapa klub seperti El Zamalek, Hai Phong, hingga PSM Makassar. Sementara, di masa bermainnya, ia berposisi sebagai striker dan punya empat caps membela Timnas Austria. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top