search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Positif Narkoba, KPU Barru Gugurkan Andi Mirza Riogi

doelbeckz - Pluz.id Minggu, 13 September 2020 19:00
Andi Mirza Riogi Idris. foto: facebook andi mirza riogi idris
Andi Mirza Riogi Idris. foto: facebook andi mirza riogi idris

PLUZ.ID, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barru menggugurkan Andi Mirza Riogi Idris sebagai bakal calon Wakil Bupati Barru, karena terbukti positif narkoba. Pasangan petahana Bupati Barru, Suardi Saleh ini, dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) pencalonan yang diatur dalam Pasal 4 (e) PKPU No 3 Tahun 2017.

“Mirza Riogi Idris dinyatakan tidak memenuhi syarat kesehatan sebagai calon Wakil Bupati Barru dikarenakan positif narkoba,” ungkap Syarifuddin H Ukkas, Ketua KPU Barru, usai Rapat Pleno Terbuka di Kantor KPU Sulsel, Jl AP Pettarani, Minggu (13/9/2020).

Diketahui, para kandidat bakal calon kepala daerah di 12 kabupaten/kota di Sulsel menjalani pemeriksaan kesehatan, kejiwaan, dan bebas penyalahgunaan narkoba di RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar. Pemeriksaan ini juga melibatkan BNNP Sulsel.

Terkait tidak lolosnya Mirza sebagai calon Wakil Bupati Barru, karena tidak memenuhi syarat pencalonan, KPU Barru meminta pada partai pendukung Suardi-Mirza PDIP, Nasdem, dan PKS segera mencari calon pengganti Mirza, sesuai PKPU Nomor 3 tahun 2017, pasal 78 ayat 1, yang berbunyi pergantian dilakukan karena persyaratan kesehatan tidak memenuhi.

“Kami merekomendasikan kepada partai pengusung Suardi Saleh agar mencari pengganti Mirza dalam batas waktu tiga hari, nama penggantinya sudah diusulkan ke KPU,” kata Syarifuddin.

Sebelumnya, Ketua Tim Pelaksanaan Pemeriksaan Calon Kepala Daerah, Prof Dr Mansyur Arif, mengatakan, dari 31 pasangan yang telah menyelesaikan pemeriksaan, terdapat salah satu dari mereka yang diputuskan gagal, karena berdasarkan pemeriksaan kesehatan dan itu tidak bisa diulang karena positif narkotika.

“Iya ada yang tidak memenuhi syarat alasannya laporan dari BNN karena narkotika,” kata Prof Mansyur Arif.

Namun dirinya tidak mengetahui siapa nama kandidat tersebut, yang pastinya dari Kabupaten Barru.

“Saya lupa siapa namanya, karena tidak kenal, sekiranya Makassar mungkin saya mengetahui,” tuturnya.

Diketahui, Mirza merupakan mantan anggota DPRD Sulsel dari Fraksi Golkar, yang juga putra mantan Bupati Barru Andi Idris Syukur. Mirza juga diketahui juga sebagai menantu mantan Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top