search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

KCI–LSI Denny JA: Pilkada Pangkep Ibarat Final Champions, Bayern Vs PSG

doelbeckz - Pluz.id Senin, 28 September 2020 15:00
Adjie Alfaraby. foto: istimewa
Adjie Alfaraby. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pangkep 2020 sejatinya diikuti empat pasangan kandidat, yaitu Andi Nirawati-Lutfi Hanafi, Muhammad Yusran Lalogau-Syahban Sammana, Abd Rahman Assagaf-Muammar Muhayang, dan Andi Ilham-Rismayani.

Namun, survei terbaru KCI-LSI Denny JA, menunjukan pertarungan Pilkada Pangkep potensial terjadi hanya di dua kandidat, yaitu Abd Rahman Assagaf-Muammar Muhayang (RAMAH) versus Muhammad Yusran Lalogau-Syahban Sammana (MYL-SS).

Oleh karena itu, pertarungan kandidat di Pilkada Pangkep, ibarat final Liga Champions 2020, Bayern Munich berhadapan dengan Paris Saint-Germain (PSG). RAMAH versus MYL-SS.

Demikian salah satu temuan survei terbaru KCI–LSI Denny JA. Survei dilakukan pada 11-20 Agustus 2020, di seluruh kecamatan di Pangkep. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan 440 respoden. Margin of error survei ini, adalah 4,8 persen.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, Senin (28/9/2020), mengatakan, Bayern Munich adalah tim yang punya sejarah di Liga Champions, materi pemainnya merata dan umumnya tim Jerman, makin lama makin panas, makin bagus mesinnya. Bayern Munich adalah Rahman Assagaf. Sosok yang berpengalaman di pemerintahan, dipersepsikan punya kemampuan dan matang dalam politik.

Sementara, PSG adalah tim baru dalam sejarah Liga Champions, banyak membeli pemain bintang, dan punya banyak uang. PSG adalah Yusran Lalogau. Sosok yang baru muncul dalam politik, keluarga penguasa di Pangkep dan dipersepsikan bahwa kekuatan utamanya adalah logistik.

Survei menunjukan bahwa hanya Rahman Assagaf dan Yusran Lolagau yang elektabilitasnya di atas 25 persen. Kedua kandidat ini bersaing ketat. Sementara, dua kandidat lainnya, yaitu Andi Nirawati dan Andi Ilham, elektabilitas keduanya hanya dibawah 10 persen.

“Rahman Assagaf dan Yusran Lologau punya kekuatan masing-masing. Rahman Assagaf dipersepsikan sebagai sosok yang berpengalaman, mampu memecahkan masalah ekonomi dan berkepribadian baik. Sementara, Yusran Lolagau dipersepsikan muda, dan berasal dari keluarga tokoh/penguasa,” katanya.

Siapakah yang akan memenangkan pilkada nanti? Yang memenangkan pilkada nanti adalah kandidat yang mampu melakukan dua hal. Pertama, paling mampu menarik mereka yang masih belum menentukan pilihan. Mereka yang belum menentukan pilihan masih ada sebesar 35 persen. Kedua, paling mampu mendatangkan pemilihnya ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Sekarang semua kembali ke pemilih mau memilih kandidat yang bertipe Bayern Munich atau PSG?,” ujarnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top