search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Theo-Zadrak Terpilih, Urus Adminduk dan IMB Cukup di Kantor Lembang

doelbeckz - Pluz.id Jumat, 06 November 2020 15:00
SOSIALISASI. Calon Bupati Tana Toraja, Theofillus Allorerung saat melakukan sosialisasi. foto: istimewa
SOSIALISASI. Calon Bupati Tana Toraja, Theofillus Allorerung saat melakukan sosialisasi. foto: istimewa

PLUZ.ID, TANA TORAJA – Warga Kabupaten Tana Toraja selama ini mengeluhkan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), serta Akte Kelahiran, yang harus dilakukan di Kantor Dinas Catatan Sipil Tana Toraja.

Jarak tempuh yang lumayan jauh, membuat mereka harus mengeluarkan biaya yang cukup besar jika jngin mengurus administrasi kependudukan.

Calon Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja, Theofillus Allorerung-Zadrak Tombeg, telah menyiapkan solusi. Melalui program pelimpahan kewenangan terbatas ke Kepala Lembang, warga bisa mengurus administrasi kependudukan di Kantor Lembang atau Kelurahan.

“Kami akan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Urus KTP, KK, Akte Kelahiran, nanti bisa di Kantor Lembang atau Kelurahan masing-masing. Tidak perlu lagi ke ibu kota kabupaten,” jelas Owens Lingga, Juru Bicara Theo-Zadrak, Jumat (6/11/2020).

Owens mengungkapkan, pelimpahan kewenangan ini akan disertai dengan proses digitalisasi. “Melalui sistem digitalisasi, masyarakat hanya menginput data di Lembang, lalu dikirim ke Kantor Kecamatan, lalu ke dinas terkait. Hasilnya akan diterima di Lembang atau Kelurahan masing-masing dalam waktu singkat,” bebernya.

Tidak hanya administrasi kependudukan, sejumlah perizinan juga bisa diurus di tingkat Lembang atau Kelurahan. Yakni Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan izin usaha. Hal ini tentu saja akan sangat menguntungkan masyarakat, khususnya mereka yang jauh dari ibukota kabupaten.

“Ada sejumlah birokrasi yang dipangkas, dan pelayanan pemerintah makin dekat ke masyarakat. Ini adalah terobosan di bidang birokrasi,” ujarnya.

Seiring bertambahnya kewenangan di tingkat Lembang atau Kelurahan, Theo-Zadrak juga menyiapkan remunerasi untuk aparat Lembang sebagai pelayan masyarakat di garda terdepan dalam rangka peningkatan kinerja. Kapasitas aparatur juga akan ditingkatkan.

“Selain menambah kewenangan mereka, Pak Theo-Zadrak juga memperhatikan kesejahteraan aparatur Lembang melalui program remunerasi,” ungkapnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top