search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Hujan Es Kristal Guyur Maros

doelbeckz - Pluz.id Senin, 09 November 2020 19:00
HUJAN ES. Seorang warga di bandara lama Kelurahan Hasanuddin, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, memperlihatkan butiran es hujan, Senin (9/11/2020). foto: istimewa
HUJAN ES. Seorang warga di bandara lama Kelurahan Hasanuddin, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, memperlihatkan butiran es hujan, Senin (9/11/2020). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAROS – Fenomena hujan es yang jarang terjadi turun di Kelurahan Hasanuddin, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, Senin (9/11/2020). Kejadian ini terjadi saat hujan deras mengguyur kabupaten tetangga Kota Makassar, ibu kota Provinsi Sulsel ini, sekitar pukul 14.30 WITA. Kondisi inipun mengagetkan warga setempat.

Salah seorang saksi mata, Michael, menceritakan, hujan es batu tersebut terjadi cukup singkat 10-15 menit. Besar es yang turun dari langit tersebut, seperti halnya es kristal. Kejadian ini membuat warga sekitar lokasi kawasan bandara lama terkejut. Dia menuturkan, banyak warga yang memungut butiran es tersebut.

Menanggapi fenomena hujas es ini, Kepala BMKG Kabupaten Maros, Hartanto, menambahkan, kondisi fenomena hujan es dipicu kondisi atmosfer yang cenderung labil, sehingga membuat pembentukan awan konvektif. Kondisi ini diikuti hujan lebat dan angin kencang yang membuat butiran hujan menjadi es sampai ke bumi. Kondisi ini biasa terjadi disaat-saat musim peralihan seperti saat ini.

“Kondisi seperti ini umum terjadi di masa-masa peralihan. Hanya lokasinya acak. Untuk hari ini yang terpantau dari radar kami keberadaan awan konvertif tersebut berada di kawasan bandara lama,” ujarnya.

Selama musim peralihan ini, dia meminta warga untuk tetap waspada dengan beberapa bencana yang akan terjadi. “Termasuk instansi terkait supaya segera melakukan antisipasi. Karena ada beberapa kecenderungan angin puting beliung yang akan terjadi di beberapa daerah,” ujarnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top