search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Pemkot Makassar Buka Peluang Investor Kelola Kepulauan Spermonde

doelbeckz - Pluz.id Minggu, 24 Januari 2021 10:00
Rudy Djamaluddin. foto: anas/pluz.id
Rudy Djamaluddin. foto: anas/pluz.id

PLUZ.ID, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar membuka peluang bagi investor untuk mengelola pulau di Kepulauan Spermonde. Pelibatan pihak ketiga diharapkan mampu mendorong sektor pariwisata Kota Makassar.

Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, mengatakan, aset pulau milik pemerintah memiliki potensi yang cukup besar. Sayang jika hanya didiamkan dan tidak dikelola dengan baik.

Hal itu disampaikan usai melakukan pertemuan dengan Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan (Kejati Sulsel) terkait Pulau Kayangan, di Kantor Balaikota, Jumat (22/1/2021).

“Tentu yang kita harapkan, aset itu tidak ingin kita tidurkan. Kita mau optimalisasi dan memberikan peluang kepada siapa saja untuk mengelolanya,” kata Rudy.

Hanya saja, pengeloaan aset pulau oleh pihak ketiga harus memberikan manfaat bagi pemerintah di dalam mendorong sektor pariwisata Kota Makasaar.

Sehingga pemerintah berkewajiban menertibkan administrasi aset-aset tersebut sebelum dipihakketigakan. Termasuk Pulau Lae-lae dan Pulau Lanjukang.

“Jadi segera aset itu diatur dan diregistrasi dengan baik supaya investor yang ingin masuk tidak lagi menemukan kendala yang sifatnya administratif,” ujarnya..

Tidak hanya investor baru, pihaknya masih memberi kesempatan bagi investor yang sebelumnya mengelola Pulau Kayangan, yakni PT Putra Putra Nusantara (PPN). Apalagi, pulau memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

“Mekanismenya akan dilelang siapa investor yang berpeluang. Paling bagus konsepnya dan memberikan kontribusi terbaik itulah yang akan kita pilih sebagai pengembang,” tuturnya.

Soal waktu, Rudy tidak menyebut pasti yang jelas pengelolaan pulau oleh pihak ketiga akan dilakukan dalam waktu dekat. Jika tak ada kendala, bisa jadi tahun ini.

“Sesegera mungkin, tahun ini mudah-mudahan. Saya kira banyak yang mau mengelola Pulau Kayangan, termasuk Pulau Lae-lae dan Pulau Lanjukang,” paparnya. (***)

Penulis : Anas

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top