search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Situasi di Yalimo Kondusif Pasca Putusan PHPU di MK

doelbeckz - Pluz.id Minggu, 21 Maret 2021 11:00
PENGAMANAN. Danyon Gas Satbrimob Polda Sulsel BKO Polda Papua, Kompol Nur Ichsan (kanan), memimpin pengamanan dalam rangka putusan sidang PHPU Kabupaten Yolimo, Sabtu (20/3/2021). foto: humas brimob polda sulsel
PENGAMANAN. Danyon Gas Satbrimob Polda Sulsel BKO Polda Papua, Kompol Nur Ichsan (kanan), memimpin pengamanan dalam rangka putusan sidang PHPU Kabupaten Yolimo, Sabtu (20/3/2021). foto: humas brimob polda sulsel

PLUZ.ID, MAKASSAR – Pasca putusan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Kabupaten Yolimo, Provinsi Papua di Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (19/3/2021), situasi Kamtibmas di kabupaten ini, masih dalam kondisi yang kondusif.

Komandan Batalyon Penugasan (Danyon Gas) Satbrimob Polda Sulsel BKO Polda Papua, Kompol Nur Ichsan, Sabtu (20/3/2021), mengatakan, hingga saat ini situasi di Kabupaten Yolimo, pasca sidang PHPU di MK masih dalam keadaan aman.

“Alhamdulillah, sampai saat ini situasi di Yalimo pasca putusan MK tetap kondusif, namun demikian kami tetap menyiagakan personel dan melakukan pengamanan di beberapa obyek vital yang ada di kabupaten ini,” ujarnya.

“Untuk memastikan kondusivitas Kamtibmas di Yalimo, kami juga melakukan patroli ke beberapa titik di Distrik Elelim yang merupakan pusat kota Yalimo, sambil mengecek pos-pos pengamanan personel Satbrimob Polda Sulsel BKO Polda Papua bersama Kapolres dan Kabag Ops Polres Yalimo serta beberapa pejabat lainnya, untuk memastikan kesiapan personel dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pasca putusan MK,” imbuh Kompol Nur Ichsan yang memimpin 2 SSK personel Satbrimob Polda Sulsel bertugas di Provinsi Papua.

Nur Ichsan menambahkan, dengan kondisi yang cukup terbatas di Yalimo, seperti sarana komunikasi, dan lain-lain, hal ini tidak membuat semangat dari personel Satbrimob Polda Sulsel menjadi surut, berbekal motto ‘Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan dan Bhakti Brimob untuk Indonesia’ personel Sat Brimob Polda Sulsel BKO Polda Papua akan tetap memberikan pengabdian yang terbaik dalam menjaga kondusivitas Kamtibmas wilayah ini.

Sementara, di lokasi berbeda, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Muhammad Anis PS, mengatakan, personel Satbrimob Polda Sulsel akan bertugas di Yalimo dan Boven Digoel, Provinsi Papua hingga situasi Kamtibmas pasca sidang putusan PHPU di kabupaten tersebut benar-benar kondusif.

“Saat ini ada 2 SSK pasukan kami bertugas di wilayah hukum Polda Papua. Adapun 2 SSK personel tersebut bertugas melaksanakan pengamanan di Yalimo dan Boven Digoel sebelum, saat, dan setelah sidang putusan PHPU di MK. Untuk masa penugasannya hingga saat ini belum ditentukan walaupun demikian kami siap mengamankan wilayah tersebut hingga benar-benar aman sebagai wujud dari bhakti Brimob untuk Indonesia,” jelasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun redaksi, putusan sidang PHPU Pilkada di Kabupaten Yalimo tahun 2020 adalah Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada sejumlah TPS di dua Distrik Kabupaten Yalimo, yaitu 29 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Distrik Apalapsili dan seluruh TPS di Distrik Welarek. Pelaksanaan pemungutan suara ulang di dua distrik tersebut masih menunggu pemberitahuan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top