search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Verifikasi Lapangan APE, Wawali Paparkan Program Makassar Recover

doelbeckz - Pluz.id Jumat, 26 Maret 2021 11:00
PENGHARGAAN APE. Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi (tengah) bersama Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Jusuf Ismail (kanan)mengahadiri verifikasi lapangan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 secara virtual di Hotel Aston Makassar, Kamis (25/3/2021). foto: humas pemkot makassar
PENGHARGAAN APE. Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi (tengah) bersama Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Jusuf Ismail (kanan) mengahadiri verifikasi lapangan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 secara virtual di Hotel Aston Makassar, Kamis (25/3/2021). foto: humas pemkot makassar

PLUZ.ID, MAKASSAR – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menggelar acara verifikasi lapangan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 secara virtual di Hotel Aston Makassar, Kamis (25/3/2021).

Verifikasi lapangan APE yang dilaksanakan bersama KPPPA RI bertujuan untuk melihat lebih dalam data dan informasi pengakuan gender berdasarkan pengisian formulir evaluasi masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sesuai ketentuan yang dikeluarkan tim APE.

Sasaran yang ingin dicapai, tim KPPPA untuk memperoleh data lengkap, komprehensif, dan objektif sebagai bahan penyusunan Indeks persamaan gender dan pertimbangan dalam menominasikan calon penerima APE.

Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, mengatakan, Makassar patut berbangga, karena pencapaian Indeks Pembangunan Gender (IPG) mengalami kemajuan setiap tahunnya, berdasarkan ukuran tiga aspek, yaitu indeks pendapatan perempuan, jabatan profesional serta perwakilan perempuan pada parlemen.

“Indeks ini merupakan instrumen dalam mengukur kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek, khususnya peran perempuan. Dimana Makassar berhasil mewujudkan pencapaian IPG 94.48 di atas rata-rata IPG nasional 91,07 dan rata-rata IPG Provinsi Sulsel 93,09,” ucapnya.

Waki Wali Kota (Wawali) menjelaskan, program Makassar Recover yang di dalamnya mencakup penguatan imunitas, adaptasi sosial, dan pemulihan ekonomi sejalan dengan visi misi pemkot untuk memberikan rasa nyaman terhadap kaum perempuan beserta keluarganya.

“Penguatan imunitas, adaptasi sosial, dan pemulihan ekonomi melalui program Makassar Recover tentunya akan memberikan rasa nyaman terhadap kaum perempuan dan keluarganya beraktivitas,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Makassar, Tenri Palalo, menuturkan, verifikasi APE ini, merupakan penghargaaan dua tahunan yang diselenggarakan KPPPA RI.

“Tahun ini kita berusaha naik tingkat, kita sudah siap dan kita sudah bekerja keras untuk mendapatkan mentor, apapun hasilnya itu tergantung verifikasi kita pada hari ini,” ujarnya.

Tenri mengucapkan terima kasih atas dukungan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto serta Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi, Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Jusuf Ismail, Ketua Dharma Wanita Kota Makassar Andi Batari Toja serta seluruh pokja.

“Terima kasih atas dukungan semuanya, utamanya Kepala Bappeda A Hadija Iriani memberi dukungan kepada kami dalam hal bagaimana peningkatan anggaran pemberdayaan perempuan, bagaimana peningkatan anggaran yang responsif gender,” terangnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top