search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Satgas Raika Terbentuk, Wawali Makassar: Gunakan Pendekatan Humanis dan Persuasif

doelbeckz - Pluz.id Sabtu, 24 April 2021 12:00
PIMPIN RAPAT. Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, memimpin rapat pembentukan Satgas Raika bersama Camat se-Kota Makassar di Ruang Rapat Wakil Wali Kota lantai 11, Balai Kota Makassar, Jumat (23/4/2021). foto: humas pemkot makassar
PIMPIN RAPAT. Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, memimpin rapat pembentukan Satgas Raika bersama Camat se-Kota Makassar di Ruang Rapat Wakil Wali Kota lantai 11, Balai Kota Makassar, Jumat (23/4/2021). foto: humas pemkot makassar

PLUZ.ID, MAKASSAR – Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, menginstruksikan agar Satuan Tugas (Satgas) Pengurai Kerumunan (Raika) Kota Makassar segera bekerja.

Hal ini ditegaskan Fatmawati saat memimpin rapat pembentukan Satgas Raika bersama Camat se-Kota Makassar di Ruang Rapat Wakil Wali Kota lantai 11, Balai Kota Makassar, Jumat (23/4/2021).

Fatmawati berharap, Senin (26/4/2021), Surat Keputusan (SK) Satgas Raika sudah keluar, agar satgas ini bisa langsung bekerja untuk turun ke tempat tempat ibadah, mal, dan tempat keramaian lainnya guna mensosialisasikan protokol kesehatan.

“Hal ini kita lakukan berdasarkan Instruksi Presiden Joko Widodo dan arahan dari Mendagri (Menteri Dalam Negeri) Tito Karnavian yang baru-baru ini mengunjungi Kantor Balai Kota Makassar, apalagi saat ini banyak kita terima keluhan masyarakat bahwa ada tempat keramaian, seperti mal dan tempat ibadah tidak mengindahkan protokol kesehatan,” ucapnya.

Fatmawati juga meminta kecamatan berembuk untuk mempersiapkan berapa personilnya yang akan diterjunkan dalam kegiatan satgas ini.

“Kami minta seluruh Camat mengindentifikasi lokasi titik keramaian yang akan didatangi selama bulan Ramadan ini dibantu unsur TNI, Polri, dan Satpol PP, karena satgas ini terus berlanjut hingga Idulfitri,” ungkapnya.

Fatma juga meminta Satgas Raika dalam memberikan imbauan kepada masyarakat, dilakukan dengan pendekatan secara humanis dan persuasif.

“Ini sudah sering kita laksanakan sebelumnya, saat pertama kali pandemi, protokol kesehatan ini, yang harus kita tegaskan lagi kepada masyarakat biar mereka paham, tetapi dengan pendekatan humanis dan persuasif,” jelasnya.

Kasat Pol PP Makassar, Iman Hud, menjelaskan, guna mendukung pelaksanaan Satgas Raika pihaknya menerjunkan 200 orang personelnya.

“Untuk mencegah penularan kami kerahkan 500 personel Satpol PP, 200 orang di Balai Kota dan 300 orang disebar di kecamatan didukung Dishub, Damkar, dan BPBD,” terang Imam. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top