search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Wali Kota Makassar Minta Jangan Mudik Lebaran

doelbeckz - Pluz.id Senin, 26 April 2021 18:00
PIMPIN RAPAT. Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, memimpin rapat koordinasi Makassar Recover, Senin (26/4/2021). foto: humas pemkot makassar
PIMPIN RAPAT. Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, memimpin rapat koordinasi Makassar Recover, Senin (26/4/2021). foto: humas pemkot makassar

Harap Raika Bisa Maksimal Urai Keramaian di Tempat Umum

PLUZ.ID, MAKASSAR – Lonjakan Covid-19 di India dengan varian baru membuat, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto merasa was-was.

Apalagi, musim mudik lebaran Idulfitri semakin dekat. Banyak yang berencana mudik. Karenanya, Danny mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan mudik lebaran.

“Kita ikuti instruksi pusat, ini usaha pemerintah untuk mengurangi lonjakan covid. Ini wajib kita laksanakan. Seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara), Kontrak sekalipun tidak ada yang mudik. Kita belajar dari India,” kata Danny, usai melakukan rapat koordinasi Makassar Recover, Senin (26/4/2021).

Ada beberapa hal yang dilakukan untuk mewujudkan instruksi pusat tersebut. Salah satunya Danny membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pengurai Keramaian atau biasa disebut Raika.

Satgas Raika nanti bertugas mengurai keramaian di tempat umum, seperti di cafe-cafe, tempat nongkrong, dan pusat perbelanjaan hingga memantau perbatasan. Danny meminta hal itu dilakukan secara massif dan persuasif.

“Jadi Satpol PP kita turun langsung mengurai keramaian yang ada. Kita harus terus sosialisasikan protokol kesehatan dengan ketat. Sesuai salah satu garis besar terciptanya Makassar Recover yakni adaptasi sosial,” ucapnya.

Dengan begitu Danny berharap Kota Makassar akan keluar menjadi kota pertama terbebas Covid-19 di Indonesia. Tak hanya itu, ia juga berharap pemulihan ekonomi cepat terealisasi.

Dalam rapat kordinasi tersebut, Danny jiga menekankan agar vaksin terus dilakukan ke semua warga kota Makassar terkhusus guru, Lanjut Usia (Lansia) dan anak-anak. Persiapan sekolah tatap muka.

Rencananya juga, skema vaksin akan diperkecil dari RT ke RT. Even-even pun, kata Danny, akan ditindaki lebih tegas jika mengadakan keramaian tanpa protokol kesehatan. Izin pembuat kegiatan akan dicabut.

“Seminggu sebelum lebaran tim detektor Makassar Recover akan turun langsung untuk mempercepat pergerakan Makassar Recover. Tim Raika juga punya tugas yang sangat penting dalam menentukan berhasil tidaknya Makassar keluar dari pandemi,” tutur Danny.

Rapat Kordinasi tersebut dihadiri Ketua Makassar Recover, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Plh Kadis Pariwisata, Plt Kadis Pendidikan, Kadishub, Kasatpol PP, dan Master Covid-19. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top