search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Pemprov Sulsel Gelar Pangan Pasar Tani

doelbeckz - Pluz.id Senin, 03 Mei 2021 14:00
PEMBUKAAN. Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Naoemi Octarina (kedua kanan), mengunjungi stan di sela-sela pembukaan Gelar Pangan Pasar Tani di Jl Amirullah, Kota Makassar, Senin (3/5/2021). foto: humas pemprov sulsel
PEMBUKAAN. Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Naoemi Octarina (kedua kanan), mengunjungi stan di sela-sela pembukaan Gelar Pangan Pasar Tani di Jl Amirullah, Kota Makassar, Senin (3/5/2021). foto: humas pemprov sulsel

Diikuti Kelompok Tani, Distributor, dan Retail

PLUZ.ID, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Sulsel melaksanakan Gelar Pangan Pasar Tani di Jl Amirullah, Kota Makassar, 3-4 Mei 2021.

Kegiatan yang dibuka Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Naoemi Octarina ini, diikuti kelompok tani dari sepuluh kabupaten di Sulsel, diantaranya Kabupaten Enrekang, Bone, Jeneponto, Takalar, dan Pinrang. Distributor pangan dan retail juga dilibatkan dalam kegiatan ini.

Naoemi mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya yang terdampak pandemi Covid-19. Termasuk bagi para petani, agar bisa memasarkan hasil pertaniannya kepada masyarakat.

“Kegiatan ini bermanfaat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor pertanian. Ini sejalan dengan program pemerintah provinsi dan Tim Penggerak PKK Sulsel,” kata Naoemi, saat membuka acara tersebut, Senin (3/5/2021).

Naoemi mengungkapkan, daya beli masyarakat sejak pandemi Covid-19 sangat menurun. Meskipun pemerintah menyiapkan pasar murah, masih sangat berpengaruh. Sehingga, perlu dicarikan solusi. Salah satunya, mendekatkan pasar murah itu ke masyarakat.

“Kegiatan seperti ini harus dipublikasikan ke masyarakat, jauh sebelum dilaksanakan. Sehingga, masyarakat bisa tahu dimana lokasinya, dan kapan waktu pelaksanaannya,” ujar Naoemi.

Istri Andi Sudirman Sulaiman ini, menyarankan agar Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Sulsel bersama PKK Sulsel, membagikan paket sembako dan paket pasar tani untuk para sopir angkutan umum. Karena, mereka sangat terdampak dengan aturan larangan mudik untuk mencegah penularan Covid-19.

“Aturan larangan mudik ini bukan dibuat-buat untuk kepentingan pribadi, tetapi untuk melindungi masyarakat kita dari Covid-19. Tugas kita, adalah mendukung pemerintah, melalui berbagai upaya yang bisa kita lakukan,” terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Sulsel, Ardin Tjajo, mengatakan, Gelar Pangan Pasar Tani ini, dilaksanakan untuk memfasilitasi petani, kelompok tani, pelaku usaha, untuk memasarkan secara langsung produknya kepada masyarakat. Sekaligus, menyediakan produk segar berkualitas dengan harga terjangkau.

“Gelar Pangan Pasar Tani ini juga untuk nenjaga keseimbangan harga di tingkat konsumen,” kata Ardin.

Dalam kegiatan yang bersinergi dengan Tim Penggerak PKK Sulsel ini juga dilakukan pembagian paket sembako dan paket pasar tani untuk warga prasejahtera. Kegiatan ini memberlakukan protokol kesehatan secara ketat. Dimana para peserta dan pengunjung tidak diperkenankan membuka masker selama berada di lokasi gelar pangan, tetap menjaga jarak, serta menyiapkan wastafel untuk cuci tangan.

Usai membuka acara, Naoemi juga meninjau rumah kemasan produk pertanian, lokasi percontohan urban farming, serta stan penjualan produk pertanian.

Turut hadir mendampingi Naoemi, Ketua Pokja III TP PKK Sulsel dan Ketua Dharma Wanita Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Sulsel. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top