search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Peringatan Harkitnas 2021, Presiden: Bangkit dan Menang Melawan Pandemi Covid-19

doelbeckz - Pluz.id Kamis, 20 Mei 2021 17:00
Joko Widodo. foto: bpmi setpres
Joko Widodo. foto: bpmi setpres

PLUZ.ID, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan agar semangat Budi Utomo menuntun bangsa Indonesia bangkit dari pandemi Covid-19 yang tengah melanda saat ini.

“Hari ini, dengan semangat Budi Utomo, kita bersatu dan bergotong-royong untuk bangkit dan menang melawan pandemi, dan bersama-sama melangkah menuju Indonesia maju,” ujar Presiden pada unggahan di akun Instagramnya @Jokowi, dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2021, Kamis (20/5/2021).

Kepala Negara menyampaikan, bangsa Indonesia telah berjuang lebih dari satu tahun untuk dapat membendung segala dampak dari pandemi ini.

“Lebih setahun dunia dicengkeram pandemi global Covid-19, lebih setahun pula Indonesia berjuang untuk membendung segala dampaknya,” ujar Jokowi.

Senada dengan Kepala Negara, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, mengharapkan momentum peringatan Harkitnas kali ini dapat meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa untuk bersama bergotong royong berjuang dan bangkit dari pandemi.

“Mudah-mudahan dengan kebangkitan ini kita bisa melawan Covid-19, sekaligus ekonomi kita tetap terjaga bisa tumbuh dengan baik,” ujarnya.

Seskab juga mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi negara maju.

“Selamat Hari Kebangkitan Nasional. Mari bangkit dari segala keterpurukan dan segala kekurangan untuk menjadi bangsa pemenang di kemudian hari. Mari bangkit untuk Indonesia maju!,” ucap Seskab.

Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei, yang merupakan tanggal berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Organisasi ini didirikan di kampus STOVIA Jakarta pada tanggal 20 Mei 1908 dan untuk pertama kalinya timbul di bumi Nusantara suatu organisasi modern, dengan cara pandang yang baru dan beda.

Kelahiran Boedi Oetomo telah menjadi tonggak yang menumbuhkan semangat perjuangan, sekaligus menjadi inspirasi bagi berdirinya berbagai organisasi di seluruh pelosok tanah air, baik yang bersifat kedaerahan, politik, serikat pekerja, keagamaan, kewanitaan, maupun kepemudaan. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top