search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Dokter Yudi: Perketat 3M dan Tindak Tegas Pelanggar Protokol Kesehatan

doelbeckz - Pluz.id Senin, 24 Mei 2021 21:00
dr Wachyudi Muchsin SH MSi. foto: istimewa
dr Wachyudi Muchsin SH MSi. foto: istimewa

Kunci Melawan Covid-19

PLUZ.ID, MAKASSAR – Penyebaran Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kota Makassar harus ditekan semaksimal mungkin.

Salah satu cara utamanya adalah dengan menerapkan perilaku hidup disiplin. Yaitu dengan melakukan langkah 3M sebagai upaya mencegah sekaligus memutus rantai penularan Covid-19.

“Kunci penanganan pandemi Covid-19 yang belum turun adalah dengan memperketat 3M. Yaitu, Memakai masker, Mencuci tangan, serta Menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Kita harus patuh dan disiplin pada protokol kesehatan ini,” jelas dr Wachyudi Muchsin SH MSi, Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar, Senin (24/5/2021).

Dokter Yudi, sapaan Wachyudi Muchsin, mengatakan, untuk itu bagi pelanggar protokol kesehatan juga harus ditindak tegas.

“Untuk itu, kita meminta kepada pihak terkait, khusus di Makassar ada Satgas Raika, melakukan tindakan tegas dan menegakkan aturan. Setiap pelanggaran protokol kesehatan, harus ditindak tegas. Satgas Raika harus menegakkan aturan yang sudah ditetapkan,” terangnya.

DIBUBARKAN. Tim Satgas Raika Makassar membubarkan pengunjung Holywings Club yang menggelar party hingga dini hari, Minggu (23/5/2021). foto: istimewa

“Tidak boleh ada pilih kasih dalam menegakkan aturan disiplin protokol kesehatan,” tambah Dokter Koboi, sapaan lain Wachyudi Muchsin.

Sebelumnya, diberitakan Tempat Hiburan Malam (THM), Holywings Club Makassar, tetap beroperasi di tengah pandemi Covid-19. Bahkan, menggelar party hingga dini hari, seperti terlihat pada Minggu (23/5/2021) dini hari lalu.

Hal ini membuat Satgas Raika Kota Makassar melakukan penindakan. Yaitu, dengan membubarkan aktivitas di THM yang berlokasi di Jl Metro Tanjung Bunga ini.

Koordinator Satgas Raika Kota Makassar, Iman Hud, mengatakan, penindakan terhadap Holywings Club dilakukan lantaran melewati batas jam operasional. Dimana, Surat Edaran Wali Kota batas waktu aktivitas usaha cafe dan resto hanya hingga pukul 22.00 WITA.

“Penindakan kita itu sudah sesuai prosedural. Kalau sudah tiga kali ditegur, maka kita akan tutup dan segel terhadap tempat usaha,” jelas Iman Hud, Minggu (23/5/2021).

PADAT PENGUNJUNG. Suasana Holywings Club dipadati pengunjung saat tim Satgas Raika Makassar datang melakukan sidak, Minggu (23/5/2021) dini hari. foto: istimewa

Iman mengatakan, secara prinsip aktivitas THM hingga kini belum dibolehkan. Sebab, tak ada jaminan penerapan protokol kesehatan, utamanya jaga jarak.

“Kafe juga bisa jadi THM, kemudian THM juga menyediakan makanan, tidak ada aturan jelas. Jadi, kita menggunakan konteks bahwa mereka usaha rumah makan atau restoran. Jam operasionalnya dilanggar,” paparnya.

Berdasarkan pantauan, Holywings Club disesaki pengunjung hinggga petugas Satgas Raika Makassar datang melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak), Minggu (23/5/2021) dini hari.

“Tidak ada jaminan penerapan protokol kesehatan, utamanya jaga jarak, makanya kita bubarkan,” tegasnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top