search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Majdah: Selamat Prof Najamuddin Terpilih Sebagai Rais Syuriah NU Sulsel

doelbeckz - Pluz.id Selasa, 25 Mei 2021 18:00
RAIS SYURIAH. AG Prof DR KH Najamuddin Abd Safa LC MA (kedua kiri) bersama Rektor UIM DR Ir Hj Andi Majdah M Zain MSi (tengah). Prof Najamuddin Terpilih Rais Syuriah NU Sulsel. foto: humas uim
RAIS SYURIAH. AG Prof DR KH Najamuddin Abd Safa LC MA (kedua kiri) bersama Rektor UIM DR Ir Hj Andi Majdah M Zain MSi (tengah). Prof Najamuddin Terpilih Rais Syuriah NU Sulsel. foto: humas uim

PLUZ.ID, MAKASSAR – Pengurus Harian Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Provinsi Sulsel melaksanakan rapat Pengurus Harian Syuriah yang terdiri dari Wakil Rais, Khatib, dan Wakil Khatib di Rumah Makan Ulu Juku Makassar, Selasa (25/5/2021).

Hadir dalam pertemuan terdiri para ulama yang memberikan pandangan terkait pengisian posisi Rais Syuriah yang ditinggalkan AG DR KH Muhammad Sanusi Baco LC.

Dalam pandangan tertulis, Wakil Rais Syuriah, KH Kaswad Sartono, menjelaskan, kondisi yang dialami ketika Rais Syuriah berhalangan tetap, sebaiknya diqiyaskan pada saat pemilihan Rais Aam PBNU, yaitu Wakil Rais Aam yang ada di bawahnya, maka untuk itulah AG Prof DR KH Najamuddin Abd Safa LC MA sudah pas untuk menempati Rais Syuriah.

Senada Wakil Rais Syuriah, KH Andi Abdul Hamzah mengungkapkan, gerakan dakwah ulama NU yang tergabung di Syuriah perlu digiatkan kembali dan perlu kembali diintensifkan kajian Bahtsul Masail untuk menjawab permasalahan umat dewasa ini.

Dari berbagai pandangan rapat harian Syuriah PWNU Sulsel semuanya sepakat meminta kesediaan Prof Najamuddin Abd Safa sebagai Rais Syuriah PWNU Sulsel.

Setelah diminta kesediannya sebagai Rais Syuriah PWNU Sulsel, Prof Najamuddin Abd Safa yang menjabat Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Makasssar (UIM) ini, mengungkapkan, banyak yang menanyakan ke dirinya terkait pengganti Rais Syuriah.

AG Prof DR KH Najamuddin Abd Safa LC MA. foto: humas uim

“Saya hanya memberikan jawaban sesuai mekanisme dan aturan yang ada, jangan paksa saya jika berlawanan dengan aturan dan mekanisme yang ada. Tentunya amanah ini cukup berat, apa masukan yang lahir dari pertemuan ini saya akan melaksanakan kepemimpinan yang kolektif di Syuriah,” ucapnya.

Syeikhul Ma’had Pesantren An Nahdlah Makassar ini, mengungkapkan, ke depan perlu kembali diaktifkan forum bahtsul masail sebagai forum untuk mengkaji secara mendalam dan memberikan jawaban persoalan-persoalan keumatan dewasa hari ini.

“Saya terpilih ini sudah takdir karena terlanjur masuk di jajaran Syuriah, karena ini amanah alim ulama yang hadir, Insya Allah saya akan lanjutkan amanah Almarhum Anregurutta KH Sanusi Baco sebagai tanggung jawab saya sebagai seorang murid dan kita yang hadir disini adalah murid-murid gurutta,” tutupnya.

Rektor UIM, DR Ir Hj Andi Majdah M Zain MSi, menyampaikan, civitas akademik UIM menyambut gembira dan mendoakan atas amanah tersebut.

Majdah mengatakan, dengan terpilihnya sebagai Rais Syuriah NU Sulsel, maka saat ini Prof Najamuddin Abd Safa bukan lagi milik UIM semata, tapi milik ummat.

“Al Fatihah untuk Allahuyarham AG KH Sanusi Baco semoga almarhum tenang dan damai di tempat mulia di sisi Rabbul Alamin dan Prof Najamuddin Abd Safa semoga senantiasa dirahmati, mendapat ridha dan kemudahan dalam menjalankan amanah sebagai Rais Syuriah,” harap Ketua Muslimat NU Sulsel ini. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top