search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Djusman AR Bersama Intelektual Soppeng Bersatu Bentuk FITUR

doelbeckz - Pluz.id Kamis, 03 Juni 2021 10:00
INTELEKTUAL SOPPENG. Djusman AR (kedua kiri) bersama kalangan intelektual Kabupaten Soppeng dari berbagai latar belakang membentuk forum Forum Intelektual Reformatif (FITUR). foto: istimewa
INTELEKTUAL SOPPENG. Djusman AR (kedua kiri) bersama kalangan intelektual Kabupaten Soppeng dari berbagai latar belakang membentuk forum Forum Intelektual Reformatif (FITUR). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Sejumlah kalangan intelektual Kabupaten Soppeng dari berbagai latar belakang, membuat komitmen berkontribusi pada daerah asal. Mereka sepakat bentuk sebuah forum bernama Forum Intelektual Reformatif (FITUR).

Forum ini dimotori intelektual Soppeng Djusman AR bersama Andi Ahmad Saransi, Sudirman Muhammadiyah, dan Luffi Bone Bachtiar, akan menjadi wadah putra-putri Soppeng berkontribusi kepada daerahnya.

Djusman AR mengatakan, pembentukan forum ini didasari keinginan bersama untuk memberi kontribusi positif terhadap daerah asal, Kabupaten Soppeng.

Direktur Lembaga Peduli Sosial Ekonomi Budaya Hukum & Politik (LP-SIBUK) Sulsel itu, menyebutkan, sebagai wujud peran sertanya intelektual Soppeng terhadap daerah asal, kini telah terbentuk Forum Intelektual Reformatif yang disingkat FITUR Sulsel.

“Forum ini akan menjadi wadah peran serta masyarakat Soppeng, untuk peduli dan berkonstribusi positif,” kata Djusman yang dikenal sebagai Tokoh Penggiat Antikorupsi

Djusman mengakui, meskipun gagasan ini masih dalam berbentuk grup WhatsApp (WA), namun komitmen bersama sangat kuat untuk mewujudkan menjadi sebuah forum masyarakat Soppeng. Apalagi dalam grup WA ini, terdapat banyak tokoh pemuda-pemudi Soppeng. Diantaranya beberapa pakar akademisi lintas kampus, birokrat, anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten Soppeng, praktisi hukum, hingga Wiraswasta.

“Visi lahirnya FITUR adalah Terwujudnya Kebersamaan Yassisoppengi Sesama Putra (i) Wija Latemmamala Kabupaten Soppeng,” sebut Djusman yang juga Koordinator Forum Komunikasi Lintas (FoKaL) NGO Sulawesi, dan Koordinator Badan Pekerja Komite Masyarakat Anti Korupsi (KMAK) Sulselbar.

Djusman melalui grup WA FITUR menyapa warga dengan Salam Satu Jiwa, Satu Rasa Yassisoppengi, “Malilu Sipakainge, Mali Siparappe, Rebba Sipatokkong (hilaf saling menyadarkan, hanyut saling mendamparkan, dan rebah saling menegakkan)”.

Djusman menjelaskan, grup WA ini adalah wadah silaturrahmi, dan media komunikasi antar sesama putra putri ‘Bumi Latemmala (Soppeng) Sulawesi Selatan’ sekaligus ruang berdiskusi, bertukar pikiran sesama Wija to Soppeng untuk kepentingan bangsa, negara, dan pada khususnya Yassisoppengi Kabupaten Soppeng, Sulsel.

Dalam grup itu, telah disepakati beberapa agenda yang akan dilaksanakan usai Lebaran Iduladha. Agenda tersebut antara lain menggelar kegiatan ilmiah dan kunjungan jejak sejarah Soppeng dengan tema ‘Merajut Jejak Sejarah di Bumi Latemmamala Soppeng’.

Adapun Agenda Dalam Kegiatan Tersebut Adalah:
1. Kunjungan dan ziarah ke makam ibunda Arung Palakka We Tenrisui di Marioriawa
2. Kunjungan ke tempat kelalahiran Arung Palakka di Tetti KenraraE
3. Silaturrahmi warga/tokoh masyarakat Soppeng
4. Kunjungan Jejak Sejarah Coppo Meru di Kecamatan Donri-donri
5. Tudang Sipulung bersama Bapak Ir Lutfi Halide, MP/Wakil Bupati dan Tokoh Masyarakat di rumah pribadinya di Solie, Kecamatan Donri-donri. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top