search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Warkop Bisa Buka Sampai Pukul 22.00 WITA

doelbeckz - Pluz.id Senin, 26 Juli 2021 18:00
Moh Ramdhan Pomanto. foto: istimewa
Moh Ramdhan Pomanto. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Kabar baik bagi pelaku usaha, khususnya Warung Kopi (Warkop) di Kota Makassar, kini bisa buka sampai pukul 22.00 WITA. Sebelumnya, hanya bisa buka hingga batas pukul 17.00 WITA.

Kebijakan ini tertuang dalam surat edaran terbaru Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, terkait pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 per 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.

Dalam edaran nomor 443.01/377/S.Edar/Kesbangpol/VII/2021, pelaksanaan makan minum di tempat umum, seperti warung makan atau warteg, pedagang kaki lima, lapak jalanan, termasuk warkop dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat hingga pukul 10 malam.

“Misalnya di tempat makan atau warkop itu berlaku. Kalau diatur pemerintah daerah waktunya, saya kira jam 10 hal yang paling bijak,” beber Danny Pomanto, Senin (26/7/2021).

Danny menegaskan, pemilik tempat usaha, seperti warkop dan rumah makan yang paling banyak dikunjungi masyarakat kemudian tidak menerapkan protokol kesehatan dengan ketat akan diberi sanksi penutupan.

“Kalau tidak protokol kesehatan pasti ditutup. Jadi dikasi kelonggaran waktu, saya pikir seperti standar minimal 2 kursi 1 meja. Kalau dia tidak ikuti berarti kita tutup,” tegasnya.

Untuk mengawasi penerapan kebijakan ini, Satgas Pengurai Kerumunan (Raika) akan diturunkan untuk memastikan protokol kesehatan di setiap warkop dan rumah makan.

“Kita akan turunkan Raika untuk memastikan. Khusus warung-warung makan yang siap saji harus dimonitoring. Khusus untuk warung rakyat saya pasang orang di situ (Raika, red) per kelurahan,” terang Danny.

Dalam aturan PPKM Level 4 berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri), pemerintah daerah memang diberi kewenangan mengatur kebijakan jam operasional usaha sesuai dengan kondisi di daerahnya masing-masing. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top