search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Makassar Zona Merah, IDI Bersama Kalla Gelar 10.000 Vaksinasi Serentak di 4 Titik

doelbeckz - Pluz.id Rabu, 28 Juli 2021 20:00
VAKSINASI. Tim IDI Makassar dan Yayasan Hajdi Kalla memantau pelaksanaan program 10.000 vaksinasi bagi masyarakat Kota Makassar di MaRI Makassar, Rabu (28/7/2021). foto: istimewa
VAKSINASI. Tim IDI Makassar dan Yayasan Hajdi Kalla memantau pelaksanaan program 10.000 vaksinasi bagi masyarakat Kota Makassar di MaRI Makassar, Rabu (28/7/2021). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar bersama Yayasan Hadji Kalla menggelar program 10.000 vaksinasi bagi masyarakat Kota Makassar. Selain itu, program ini juga didukung Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dan Dinas Kesehatan Kota Makassar, Rabu (28/7/2021).

Program 10.000 vaksinasi ini bisa masyarakat ikuti di empat titik sekaligus, yakni di Mal Ratu Indah (MaRI), Nipah Mall Masjid Al Markaz Al Islami, dan Graha IDI Makassar. Digelar selama dua hari 28-29 Juli 2021, masyarakat bisa hadir mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WITA.

Demi mendukung terciptanya herd immunity, Kalla senantiasa menggelar kegiatan vaksinasi massal agar tercapainya vaksinasi yang merata. Masyarakat dapat memperoleh vaksin hanya dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Selain itu, kondisi peserta juga harus diperhatikan, seperti dalam kondisi sehat, wajib makan sebelum vaksin, wajib memakai masker medis atau sejenisnya. Masyarakat Kota Makassar dapat memperoleh vaksin tanpa dipungut biaya.

Ketua Satgas Covid-19 Kalla, Subhan Djaya Mappaturung, mengungkapkan, pihaknya sejak beberapa bulan lalu telah aktif menggelar vaksinasi massal. Kurang lebih 12.500 dosis vaksin telah Kalla keluarkan bagi masyarakat Kota Makassar.

DIVAKSIN. Salah seorang peserta program 10.000 vaksinasi bagi masyarakat Kota Makassar di MaRI Makassar, Rabu (28/7/2021). foto: istimewa

Hal ini merupakan bentuk dukungan Kalla atas program pemerintah. Selain memberikan vaksinasi, Kalla juga aktif menggelar webinar kesehatan dengan tema ‘Vaksin dan Covid-19’.

“Webinar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman akurat kepada masyarakat. Termasuk program 10.000 vaksinasi. Segera manfaatkan kesempatan ini demi terciptanya herd immunity yang merata di Kota Makassar,” ungkap Subhan.

Direktur Eksekutif Yayasan Hadji Kalla, Mohammad Zuhair, menjelaskan, program 10.000 vaksinasi ini, merupakan bentuk kepedulian Kalla kepada masyarakat. Sebagai sebuah perusahaan, Kalla memiliki tanggung jawab sosial kepada masyarakat.

“Dengan hadirnya program ini, Kalla berharap dapat memberikan hal positif kepada masyarakat. Dengan terpenuhinya vaksinasi yang merata, semoga perekonomian dapat kembali berjalan. Dan terjadi pemulihan roda ekonomi di masyarakat itu sendiri,” jelasnya.

Terpisah, Ketua IDI Kota Makassar, Dr Siswanto Wahab Sp KK (K) didampingi Koordinator Vaksin MaRI yang juga Humas IDI Kota Makassar Dr Wachyudi Muchsin SH MKes mengatakan, saat ini Makassar zona merah, sehingga IDI menggagas vaksin 10.000 guna mengantisipasi korban akibat lonjakan kasus Covid-19.

BERI MOTIVASI. Ustaz Das’ad Latif didampingi Humas IDI Kota Makassar Dr Wachyudi Muchsin SH MKes memantau dan memberikan motivasi kepada peserta vaksinasi di MaRI Makassar, Rabu (28/7/2021). foto: istimewa

“IDI Makassar berinisiatif untuk membantu program pemerintah percepatan pencapaian target vaksinasi khususnya untuk masyarakat Kota Makassar, dengan meminta vaksin secara langsung ke Menteri Kesehatan RI,” jelasnya.

“Setelah berdiskusi dengan teman-teman IDI Makassar dan arahan guru kami Prof Dr dr Idrus Paturusi SpOT, maka kami bersama Dinas Kesehatan Makassar menggandeng Yayasan Hadji Kalla untuk menyelenggarakan secara serentak. Hari pertama vaksin massal ini, sesuai harapan walau ada beberapa yang mendaftar batal. Itu karena syarat kesehatan saja, sehingga diharapkan hari kedua bisa di maksimalkan,” tambah Siswanto Wahab.

Terpisah Ketua Satgas Covid-19 IDI Kota Makassar, dr Muhammad Sakti Sp OT (K), menjelaskan, kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Rumah Sakit (RS) Unhas, dan RS Bhayangkara, KAHMI Makassar, Gojek, Grab, dan tim Makassar Recover.

Harapannya, vaksin massal ini bisa membantu pemerintah mencapai target vaksin 100 persen untuk warga Indonesia khusus Kota Makassar, sehingga semua bisa terlindungi dari dampak buruk pandemi Covid-19. Dan bisa seperti beberapa negara yang kasus kematian Covid-19 menurun drastis, karena keberhasilan program vaksinasinya.

“Oleh karena itu, IDI Makassar mengajak seluruh masyarakat Kota Makassar untuk berpartisipasi dalam program 10.000 vaksinasi ini,” jelasnya.

Ustaz Das’ad Latif datang ke empat lokasi langsung memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat yang mengikuti vaksinasi bahwa salah satu cara terkecil ikut membantu pemerintah adalah dengan aktif vaksin, seperti yang diperlihatkan hari ini. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top