search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Vaksinasi Covid-19 Dosis Ketiga Dimulai di Sulsel, Prioritas Tenaga Kesehatan

doelbeckz - Pluz.id Selasa, 03 Agustus 2021 15:00
VAKSINASI. Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, memantau vaksinasi di RSKAD Dadi Makassar, Senin (2/8/2021). foto: istimewa
VAKSINASI. Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, memantau vaksinasi di RSKAD Dadi Makassar, Senin (2/8/2021). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menggelar pemberian Vaksinasi Dosis Ke-3 sebagai booster vaksin yang diprioritaskan untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) dan tenaga penunjang kesehatan.

Launching dilakukan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, di RSKAD Dadi Makassar, Senin (2/8/2021).

Ditargetkan, booster vaksin ini diberikan dan diproritaskan kepada 58.858 tenaga kesehatan yang bersentuhan langsung dengan penanganan Covid-19.

“Booster vaksin ini sebetulnya sudah berjalan kemarin dan juga sudah disosialisasikan dua hari lalu. Dan hari ini kita launching untuk vaksinasi ketiga atau booster vaksin,” kata Andi Sudirman.

Sebanyak 3.370 vial disiapkan untuk booster vaksin bagi tenaga kesehatan.

Andi Sudirman menyebutkan, tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19 harus dilindungi dengan vaksin. Ini untuk memaksimalkan perlindungan pelayanan kesehatan.

Andi Sudirman menilai prioritas kepada tenaga kesehatan tepat.

“Tenaga kesehatan yang dihadapi ini adalah Covid-19, ini mengerikan bagi semua orang, justru tenaga kesehatan mau mengurusi,” sebutnya.

Pada kesempatan ini, Andi Sudirman menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Anggota Komisi IX DPR RI Bidang Kesehatan dan Tenaga Kerja, Aliyah Mustika Ilham, telah hadir dalam launching tersebut. Demikian juga dengan perjuangannya untuk pemenuhan vaksin di Sulsel.

“Kami berterima kasih, sudah terima vaksin banyak. Sesuai janji Ibu Aliyah, kita minta 15.000 (vial) kita diberi lebih. Sudah saya hitung-hitung tadi, lebih 20.000 (vial) terima kasih, Alhamdulillah,” ucapnya.

Sedangkan, Aliyah Mustika Ilham menyampaikan dukungan atas pencanangan ini. Demikian juga dengan berbagai program Pemprov Sulsel dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Selamat kepada Pemerintah Sulsel yang telah melaksanakan booster vaksin ketiga khusus bagi tenaga kesehatan,” kata Aliah Mustika.

“Tolong laporkan kepada kami sebagai pengawas dan wakil rakyat. Karena booster vaksin ini untuk tenaga kesehatan dulu. Karena mereka garda terdepan dan pahlawan kemanusiaan,” tegasnya.

Sementara, Koordinator Satgas Covid-19 Sulsel, dr Arman Bausat, menyatakan, dari 3.370 vial vaksin yang diterima dapat diberikan kepada 47.180 tenaga kesehatan, 1 vial berisi 14 dosis. Jumlah ini hampir 70 persen dari 77.159 ribu nakes. Sehingga pemberian vaksin akan diberikan secara bertahap. Pemberian vaksin juga memperhatikan syarat, minimal tiga bulan dari pemberian vaksin kedua.

Direktur Rumah Sakit Dadi ini, melanjutkan, jumlah tenaga kesehatan yang divaksin per hari di RS Dadi sebanyak 500 hingga 2.000 tenaga kesehatan. Sehingga dengan tujuh rumah sakit milik pemprov dapat dilakukan penyelesaian vaksinasi dosis ketiga ini dengan cepat.

Plt Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sulsel, Muhammadong, menjelaskan, vaksinasi dosis ketiga dipercayakan pada RS Dadi untuk pengeleloaan dan distribusi vaksin kepada rumah sakit yang ada di unit pelayanan nakes di Makassar dan sekitarnya.

Diketahui, data dari Dinas Kesehatan Sulsel hingga 29 Juli 2021, dari total target vaksinasi di Sulsel untuk tahap 1 bagi tenaga kesehatan dengan target 58.859 telah divaksin 77.159 tenaga kesehatan atau 131,09 persen. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top