search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Adnan Harap Pramuka Terus Amalkan Tri Satya dan Dasa Dharma

doelbeckz - Pluz.id Sabtu, 14 Agustus 2021 13:00
Adnan Purichta Ichsan. foto: istimewa
Adnan Purichta Ichsan. foto: istimewa

PLUZ.ID, GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, bertindak langsung sebagai Pembina Upacara Renungan dan Ulang Janji dalam rangka Hari Pramuka Ke-60 Tahun 2021 di Halaman Rumah Jabatan Bupati Gowa, Jumat (13/8/2021) malam.

Adnan yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa mengatakan, Upacara Ulang Janji ini, merupakan kegiatan rutin Kwarcab Gowa di malam Hari Ulang Tahun (HUT) Gerakan Pramuka.

“Ulang janji ini adalah bentuk renungan mengenang perjuangan kita di Gerakan Pramuka sekaligus memperbaharui kembali ingatan dan tekad kita dalam mengamalkan Tri Satya yang merupakan janji seorang Pramuka dan Dasa Dharma adalah kebulatan moralitas Pramuka dalam menjalankan amanah sebagai pembina generasi muda,” ujar Adnan.

Selain itu, pada kesempatan ini, Adnan juga mengajak seluruh Pramuka Kabupaten Gowa untuk terus membulatkan tekad mengorbankan semangat untuk meneruskan perjuangan dan pengabdian demi tercapainya tujuan bangsa yakni masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

“Sehingga melalui Pramuka inilah pembentukan karakter yang sesungguhnya yang dibutuhkan daerah kita, yang dibutuhkan negeri ini, sehingga mampu membawa daerah dan bangsa ini yang lebih baik di masa yang akan datang,” jelasnya.

Sementara, Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa, Syahrir Rajab, mengatakan, Upacara Ulang Janji ini, merupakan kegiatan rutin dilakukan setiap tahun. Menurutnya, Upacara Ulang Janji ini dilaksanakan serentak di semua jenjang Pramuka.

“Kegiatan ini semacam budaya di Pramuka di seluruh jenjang mulai tingkat nasional, daerah dan kabupaten/kota di malam hari ulang tahun Parmuka. Dan seluruh Kwartir Ranting juga melakukan hal yang sama,” ujarnya.

Syahrir Rajab menjelaskan, pada upacara ini dilakukan prosesi menyalakan sebanyak sepuluh obor sesuai dengan jumlah Dasa Dharma. Sepuluh obor ini melambangkan sepuluh Dasa Dharma yang merupakan kebulatan moralitas Pramuka dalam membina diri dan membina generasi bangsa.

“Sehingga harapan kita ke depannya Gerakan Pramuka akan semakin banyak memberikan andil bagi bangsa dan negara terutama bagi pendidikan karakter bagi anak didik, anak muda bangsa Indonesia,” harapnya.

Kagiatan ini turut dihadiri Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni yang juga sekaligus Wakil Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa bersama sejumlah pengurus Kwarcab dan Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top