search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Pelindo IV Wujudkan BUMN Pelabuhan Solid dan Terintegrasi

doelbeckz - Pluz.id Kamis, 26 Agustus 2021 12:00
Prasetyadi. foto: istimewa
Prasetyadi. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berharap pelaksanaan integrasi dapat semakin memperteguh komitmen guna pencapaian visi dan misi Perseroan untuk menjadi ‘Perusahaan Pengelola Pelabuhan yang Terintegrasi, Berdaya Saing Tinggi, dan Bertaraf Internasional’ sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) 2020-2024.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi, saat membuka Rapat Kerja II PT Pelindo IV Tahun 2021 yang mengusung tema ‘Eliminating Borders, Unifying Diversities, and Maximizing Potential Toward Pelindo Integration’, Kamis (25/8/2021).

“Kami meyakini melalui integrasi Pelindo maka dapat menjawab seluruh kelemahan dan tantangan PT Pelindo IV dan percepatan merealisasikan potensi dan peluang yang ada karena semakin besarnya sumber daya yang dimiliki,” ujarnya.

Prasetyadi mengatakan, tema Raker II Pelindo IV Tahun 2021 mengandung makna untuk mewujudkan Pelindo yang solid dan terintegrasi, kita harus mampu menghapuskan segala batas, juga menyatukan perbedaan yang ada, dan tentunya memaksimalkan potensi, sehingga penggabungan atau integrasi yang secara legal akan dilaksanakan pada 1 Oktober tahun ini pada akhirnya akan memberikan dampak terhadap peningkatan kesejahteraan karyawan dan keluarganya.

Prasetyadi menjelaskan, pihaknya sangat bersyukur di tengah situasi pandemi karena Covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhir, namun Perseroan tetap mengalami pertumbuhan.

“Dengan pandemi ini kita jadi banyak belajar dalam menghadapi tantangan, kita jadi berpikir lebih cerdas dan inovatif menentukan program dan strategi yang tepat sasaran. Oleh karena itu, kami meminta kepada seluruh insan Pelindo IV yang setelah integrasi Pelindo terealisir, di mana pun ditempatkan harus tetap solid dan loyal untuk menjaga perusahan dan berkontribusi positif terhadap kegiatan-kegiatan Perseroan, serta tetap dapat mengalokasikan sumber daya untuk mengeksplorasi potensi dan peluang bisnis yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan perusahaan sesuai penempatan masing-masing,” jelasnya.

Prasetyadi juga mengajak untuk membuktikan seluruh insan PT Pelindo IV memiliki nilai-nilai dasar berupa semangat kebersamaan dan kerja keras, bukan hanya merupakan jargon yang hanya diucapkan, namun merupakan suatu nilai yang harus dilaksanakan dengan sepenuh hati untuk mewujudkan mimpi-mimpi bersama dalam Pelindo Terintegarasi.

“Berbagai keberhasilan yang telah kita capai sebagai insan PT Pelindo IV hendaklah menjadi modal dasar dan energi positif untuk terus menerus meningkatkan kinerja seoptimal mungkin, memperteguh komitmen, dedikasi dan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas di mana pun ditempatkan,” katanya.

Sementara, Direktur Operasi dan Komersial PT Pelindo IV, M Adji, mengungkapkan, secara umum seluruh kinerja Perseroan mengalami pertumbuhan trafik di semester I tahun ini.

“Harus kita syukuri, ditengah pandemi Covid-19 kita masih mencapai kinerja yang menggembirakan. Secara umum, trafik naik dari tahun lalu,” ujarnya.

Adji menyebutkan, pada semester I-2021, volume transhipment atau kegiatan untuk memindahkan muatan dari satu kapal ke kapal lainnya (Ship to Ship) meningkat 27,25 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

“Pangsa pasar Perusahaan Bongkar Muat (PBM) juga naik 1,57 persen di semester I tahun ini,” sebut Adji.

Rapat kerja II PT Pelindo IV tahun 2021 ini, diikuti seluruh Dewan Komisaris, Dewan Direksi, pejabat struktural kantor pusat dan cabang, general manager cabang, direksi anak dan cucu perusahaan serta seluruh karyawan PT Pelindo IV secara virtual melalui aplikasi zoom dan tetap memerhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top