search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

USAID Gelar Workshop Persiapan Pembentukan BLUD PALD Makassar

doelbeckz - Pluz.id Jumat, 27 Agustus 2021 11:00
PEMBUKAAN. Sekda Kota Makassar, Muh Ansar (tengah), membuka secara resmi workshop pembahasan dokumentasi BLUD untuk persiapan pembentukan BLUD PALD di Kota Makassar di Hotel Claro Makassar, Kamis (26/8/2021). foto: istimewa
PEMBUKAAN. Sekda Kota Makassar, Muh Ansar (tengah), membuka secara resmi workshop pembahasan dokumentasi BLUD untuk persiapan pembentukan BLUD PALD di Kota Makassar di Hotel Claro Makassar, Kamis (26/8/2021). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Muh Ansar, membuka secara resmi workshop pembahasan dokumentasi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk persiapan pembentukan BLUD Pengelolaan Air Limbah Domestik (PALD) di Kota Makassar.

Workshop digelar bekerja sama dengan USAID IUWASH Plus bersama Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar di Hotel Claro Makassar, Kamis (26/8/2021).

Muh Ansar saat membuka kegiatan workshop menyampaikan apresiasinya khususnya kepada USAID IUWASH Plus, yang telah mendampingi Kota Makassar dalam pembangunan IPAL.

“Suatu kota dikatakan maju, jika memilliki sanitasi yang baik. Sanitasi menjadi salah satu indikator untuk melihat tingkat kemajuan sebuah kota. Dengan sanitasi yang baik, maka tingkat kesehatan masyarakat juga meningkat,” ujarnya.

Hingga saat ini Makassar telah melakukan banyak lompatan-lompatan terkait perbaikan sanitasi, seperti halnya Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Losari yang saat ini melayani enam kecamatan yang ada di Kota Makassar. Bahkan, dapat dikatakan sistem IPAL di Losari merupakan IPAL tercanggih skala Indonesia.

Workshop ini pun dihadiri langsung Kepala Dinas PU Kota Makassar, Hamka, yang menyampaikan harapannya agar melalui workshop yang digelar ini, dapat memberikan masukan untuk melengkapi dokumen demi kinerja yang lebih baik, sebagai bentuk persiapan UPT PAL menuju BLUD PALD, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat lebih baik lagi.

Sementaraz Lead Comp 2 Institutional Aspej USAID IUWASH Plus, Sofyan Iskandar, dalam kesempatan yang sama menyampaikan, Makassar bersama Bekasi, dan Gresik akan menjadi percontohan untuk daerah-daerah lain terkait penanganan sanitasi dan berharap dapat segera terbentuk BLUD PALD, sehingga pengelolaan limbah domestik lebih komprehensif dari sisi teknik dan manajemen.

“UPT PAL Dinas PU sudah ada sejak sepuluh tahun lalu, dan sudah layak ditingkatkan statusnya menjadi BLUD PALD Kota Makassar,” tuturnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top