search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Danny Pomanto Bahas Strategi Makassar Lawan Covid-19

doelbeckz - Pluz.id Sabtu, 11 September 2021 21:00
Moh Ramdhan Pomanto. foto: istimewa
Moh Ramdhan Pomanto. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Sudah dua tahun virus Covid-19 merajalela. Semua kepala daerah berlomba-lomba mengeluarkan langkah strategis untuk menekan laju penyebaran Covid-19 yang banyak menelan korban jiwa.

Khusus di Kota Makassar sendiri, Makassar Recover menjadi senjata ampuh. Program yang punya tiga konsep jelas, seperti pemulihan kesehatan, adaptasi sosial, dan pemulihan ekonomi.

Pencetus program ini, yakni Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, membuktikan idenya berhasil menekan laju penyebaran Covid-19. Terbukti dengan turunnya Rt menjadi 0,45.

“Biasanya itu 700 per hari ini sekarang menjadi sekitaran 50-an saja. Sehingga sebenarnya dalam tataran persyaratan Makassar ini, sudah berada di level 2. Sudah kuning. Tapi entah kenapa kita masih dilabeli masuk di level 4. Tidak apa-apalah BOT (Bed Occupancy Rate) atau tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit kita juga sudah 14 persen sekarang,” ucap Danny saat menjadi narasumber diskusi publik Inovasi Peningkatan Testing untuk Penguatan Surveilans dalam Masa Pandemi Covid-19 secara virtual, Sabtu (11/9/2021).

Diskusi ini diadakan Transparency International Indonesia (TII), adalah sebuah organisasi internasional yang bertujuan memerangi korupsi politik.

“Saya seperti disapa kawan lama. Semua yang ada di dalam ini orang-orang terbaik. Saya sampaikan kami punya tim detektor, Satgas Raika dan Covid Hunter. Ini semua yang termasuk dalam Makassar Recover, sehingga Makassar sekarang kasusnya menurun,” jelasnya.

Danny pun memaparkan kinerja swab on the road yang merupakan salah satu langkah testing sekaligus tracing.

Danny mengaku, pihaknya bisa melakukan test swab sebanyak 10 ribu orang perhari secara random. Dan ternyata terbukti ampuh mendeteksi masyarakat yang terpapar baik yang Orang Tanpa Gejala (OTG) maupun bergejala.

“Nah kita lakukan juga di cafe-cafe dan pusat pembelanjaan. Yang positif ini kita isolasi di kapal. Inovasi Isolasi Apung Terpadu yang saya ciptakan ini juga ternyata sangat efektif dan Alhamdulillah menjadi percontohan nasional dan menjadi perbincangan hangat dunia,” sebutnya.

Ke depan, Danny pun berharap pola yang diterapkan bisa memutus rantai penyebaran Covid-19. Vaksinasi pun terus digenjot dan didukung semua pihak.

Sementara, Secretary General TII, Danang Widoyoko, mengapresiasi konsep pemaparan Danny.

Menurutnya, begitu luar biasa, epik, dan terstruktur.

“Alhamdulillah, terima kasih Pak Danny. Memang Makassar ini menjadi perbincangan hangat. Makanya kita juga undang bapak jadi narasumber, karena bapak punya banyak ide. Di sini kita bisa sharing-sharing. Dapat pandangan baru,” terangnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top