search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Brimob Bone Upacara Peringatan HUT Pelopor Ke-62 Secara Virtual

doelbeckz - Pluz.id Selasa, 14 September 2021 15:00
Kompol Nur Ichsan. foto: istimewa
Kompol Nur Ichsan. foto: istimewa

PLUZ.ID, BONE – 14 September merupakan hari bersejarah bagi seluruh pasukan Pelopor Korp Brimob Polri, karena pada tanggal ini, ditetapkan sebagai hari lahirnya salah satu pasukan elit yang dimiliki Korp Bhayangkara Polri.

Sejarah awal terbentuknya pasukan Pelopor bermula sejak tahun 1959 silam, tepatnya saat pembentukan tiga gelombang pasukan Rangers di Pusdik Brimob Watukosek. Sejak saat itu pasukan Rangers yang telah diubah namanya menjadi Resimen Pelopor (Men Por) turut aktif berperan dalam berbagai penugasan operasi untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Untuk memperingati hari bersejarah tersebut, seluruh pasukan Pelopor Brimob Polri dari Sabang sampai Merauke menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Pelopor di markas kesatuan mereka masing-masing, Selasa (14/9/2021).

Dalam upacara yang dilaksanakan secara virtual dan dipusatkan di Mako Korp Brimob Polri Kelapa Dua ini, tampak juga diikuti oleh personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel yang bermarkas di Kabupaten Bone.

Persiapan upacara peringatan HUT ke-62 Pelopor ini telah tampak sejak pagi hari di Mako Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Jl MH Thamrin, Kota Watampone, Kabupaten Bone.

Dengan menggunakan Pakaian Dinas Lapangan (PDL) Loreng Khas Brimob, terlihat personel Brimob Bone berjuluk Tenribetta tersebut telah memenuhi aula Mako Batalyon C Pelopor bersiap mengikuti jalannya upacara HUT ke-63 Pelopor via Zoom meeting dengan Mako Korp Brimob Kelapa Dua Depok.

Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan, usai mengikuti upacara mengatakan, dalam rangka memperingati HUT ke-62 Pelopor, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel telah melaksanakan serangkaian kegiatan.

“Untuk memaknai peringatan HUT ke-62 Pelopor, kami telah menggelar serangkaian kegiatan sebagai wujud penghargaan dan kebanggaan kami menjadi bagian dari pasukan Pelopor. Rangkaian kegiatan tersebut diawali sejak 12 September kemarin, yakni acara tradisi pengambilan air suci di Cempalagi, dimana air tersebut akan digunakan dalam acara tradisi penyucian tunggul Tenribetta, kemudian 13 September pagi kami menggelar acara pengajian/ibadah dan doa bersama serta malam nya kami melaksanakan pensucian tunggul Tenribetta dan puncaknya pada hari ini kami mengikuti upacara peringatan HUT ke-62 Pelopor secara virtual dari Mako Korp Brimob Kelapa Dua,” jelas perwira berpangkat satu melati ini.

Danyon Ichsan juga menambahkan, dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-62 Pelopor, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel juga mengundang para purnawirawan Brimob untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Dalam rangkaian kegiatan ini kami juga mengundang para purnawirawan Brimob untuk ikut serta dalam kegiatan peringatan HUT ke-62 Pelopor sebagai wujud penghormatan kami kepada para sesepuh Brimob yang telah membesarkan nama Satuan Brimob khususnya pasukan Pelopor di Kabupaten Bone,” jelas Komandan yang akrab dengan sapaan ‘Tindizzz’ nya ini.

Sementara, di tempat terpisah Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Muhammad Anis PS, mengungkapkan harapannya kepada personel Pelopor khususnya jajaran Satbrimob Polda Sulsel untuk terus meningkatkan kemampuan diri dalam menjaga keamanan NKRI.

“Di usianya yang telah mencapai umur 62 tahun, tentunya saya berharap kepada seluruh pasukan Pelopor utamanya di jajaran Satbrimob Polda Sulsel untuk terus meningkatkan kemampuan diri untuk menunjang keberhasilan tugas menjaga keamanan dalam negeri untuk mewujudkan Indonesia Maju Indonesia tumbuh. Pada kesempatan ini saya juga berpesan kepada pasukan Pelopor untuk tetap rendah diri dan senantiasa humanis dalam menjalankan setiap tugasnya,” tutur Muhammad Anis.

Puncak peringatan HUT ke-62 Pelopor di Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel ditutup dengan acara syukuran dan ramah tamah Danyon C Pelopor dengan purnawirawan serta seluruh anggota Batalyon C Pelopor dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top