search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Vaksinasi Covid-19 PKK Gowa Disambut Antusias Masyarakat

doelbeckz - Pluz.id Rabu, 29 September 2021 15:00
VAKSINASI. Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan, saat meninjau Kebut Vaksin Covid-19 di Kantor Camat Pallangga, Rabu (29/9/2021). foto: istimewa
VAKSINASI. Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan, saat meninjau Kebut Vaksin Covid-19 di Kantor Camat Pallangga, Rabu (29/9/2021). foto: istimewa

PLUZ.ID, GOWA – Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Dinas Kesehatan melakukan Kebut Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan serentak di 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa, Rabu (29/9/2021).

Hal ini dilakukan untuk memberikan kontribusi PKK dalam mempercepat vaksinasi dan membentuk kekebalan kelompok khususnya di wilayah Kabupaten Gowa.

Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Priska Paramita Adnan saat mendampingi Plt Ketua TP PKK Provinsi Sulsel Naomi Octarina meninjau Kebut Vaksin Covid-19 di Kantor Camat Pallangga mengaku, antusias masyarakat cukup tinggi. Terbukti dari 500 dosis yang disiapkan terdapat 1.200-an masyarakat yang ikut mengantri.

“Hari ini kita lakukan kebut vaksin serentak di 18 kecamatan dengan target 500 setiap titiknya jadi total 9.000 masyarakat yang tervaksin namun jika melihat hasil peninjauan hari ini Insya Allah, melebih target,” ungkapnya.

Priska mengaku, vaksinasi ini juga menyasar ibu hamil dan ibu menyusui, terlebih pihaknya beberapa hari belakangan ini gencar melakukan sosialisasi bahwa ibu hamil diatas tiga bulan sudah bisa melakukan vaksin.

“Tadi ada juga beberapa ibu hamil yang datang karena kita sudah lakukan sosialisasi sebelumnya, semoga kontribusi kita hari ini bisa membantu masyarakat kita dan menaikkan angka cakupan vaksin Pemerintah Kabupaten Gowa,” jelasnya.

Salah satu peserta vaksin ibu hamil berasal dari Kecamatan Somba Opu, Megawati yang turut melakukan vaksin mengatakan pihaknya berani melakukan vaksin, karena sudah banyak informasi yang mengatakan aman bagi kandungan di atas tiga bulan.

“Awalnya ada perasaan takut tapi setelah membaca beberapa informasi di media sosial ditambah penyuluhan dari pemerintah, Alhamdulillah, sudah berani karena kandungan saya sudah mau masuk delapan bulan artinya aman, tapi tetap harus diperiksa tim kesehatan sebelum vaksin,” jelasnya.

Sementara, Plt Ketua PKK Sulsel, Naomi Octarina, mengapresiasi kerja-kerja PKK Kabupaten Gowa yang berhasil mendatangkan masyarakat hingga ribuan orang di satu titik.

Menurutnya, ini menunjukkan adanya kearifan pengurus PKK dalam mengekspos kegiatan kebut vaksin tersebut.

“Hari ini kita berkunjung di Maros dan Gowa. Alhamdulillah, antusias masyarakat lebih banyak mungkin karena pengurus PKK lebih aktif mengekspos tentang vaksin. Bahkan, di Gowa ini dari informasi yang kita dapatkan sudah 1.500 pendaftar jadi peran PKK Kabupaten Gowa ini sangat besar terhadap masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, Naomi menyebutkan, kegiatan kebut vaksin ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan herd immunity, diketahui PKK berada hingga 3.047 desa yang artinya jika satu desa dilakukan vaksin 100 orang, maka bisa mencapai 300.000 yang tervaksin.

Kebut vaksin di Gowa yang dilakukan di 18 kecamatan ini tersebar di 28 titik, karena beberapa kecamatan yang terdapat di dataran tinggi dibagi dalam beberapa titik untuk memudahkan masyarakat menjangkau vaksinasi yang dilakukan.

Ketua TP PKK Kabupaten Gowa juga meninjau pelaksanaan kebut vaksin di Kecamatan Somba Opu yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Somba Opu dan Kecamatan Bajeng yang dilaksanakan di Kampung Rewako Desa Lempangang dan Aula Kantor Camat Bajeng. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top