search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Uztaz Riza Muhammad Puji PQJI Pemkab Gowa

doelbeckz - Pluz.id Jumat, 01 Oktober 2021 11:00
Ustaz Riza Muhammad. foto: istimewa
Ustaz Riza Muhammad. foto: istimewa

PLUZ.ID, GOWA – Salah seorang da’i nasional, Ustaz Riza Muhammad, membawakan ceramah pada program Pencerahan Qalbu Jumat Ibadah (PQJI) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa secara virtual di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa, Jumat (1/10/2021).

Dalam ceramahnya, Ustaz Riza Muhammad menilai, program Pencerahan Qalbu Jumat Ibadah yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Gowa merupakan program yang sangat baik.

Menurutnya, pencerahan qalbu ini penting, karena baik tidaknya seseorang sangat ditentukan hati.

“Pencerahan Qalbu inilah yang menentukan baik tidaknya seseorang di hadapan Allah SWT,” ujarnya.

Selain itu, da’i kelahiran Situbondo, 1 Mei 1979 ini, juga menjelaskan, dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan imam Muslim disebut qalbu merupakan segumpal daging. Jika ini baik, maka baik pula seluruh tubuh seseorang.

“Makanya tema Pencerahan Qalbu Jumat Ibadah ini, sangat cocok, karena kita senantiasa dituntut untuk memperbaiki hati,” jelasnya.

Riza Muhammad menyebutkan, menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziah, hati dibagi menjadi tiga bagian, yaitu hati yang sehat, hati yang bersih dan selamat dari berbagai perbuatan yang menyalahi ketentuan yang telah ditetapkan Allah SWT, bersih dan selamat dari berbagai syubhat yang bertentangan dengan berita-Nya.

Kedua yang sakit, yaitu hati yang hidup tapi memiliki kecacatan.

Menurutnya, inilah yang banyak dirasakan umat muslim, kadang sakit kadang sehat atau dengan kata lain, ibadah tetap jalan dan maksiat juga jalan, terakhir adalah hati yang mati.

“Hati yang mati ini adalah hati yang tidak tersentuh ayat-ayat ilahi, sehingga keras dan mudah melampiaskan syahwat dan menghalalkan segala cara dalam rangka mencapai tujuan,” jelasnya.

Pencerahan Qalbu Jumat Ibadah ini, dihadiri juga secara virtual Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, Penjabat (Pj) Sekda Gowa, Kamsina, dan seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top