search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Aksi Heroik Brimob Bone Tangkap Ular Piton di Area Pemukiman Warga

doelbeckz - Pluz.id Rabu, 13 Oktober 2021 12:00
AMANKAN ULAR. Anggota Brimob Batalyon C Pelopor Bone mengamankan ular piton berukuran besar Jl Kawerang, Kelurahan Manurungge, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone. foto: istimewa
AMANKAN ULAR. Anggota Brimob Batalyon C Pelopor Bone mengamankan ular piton berukuran besar Jl Kawerang, Kelurahan Manurungge, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone. foto: istimewa

PLUZ.ID, BONE – Warga Jl Kawerang, Kelurahan Manurungge, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone dikejutkan dengan kemunculan seekor ular piton berukuran besar berjenis Sanca Kembang (Malayopython reticulatus) di sekitar area pemukiman mereka.

Ular yang muncul dari saluran pembuangan warga ini, diperkirakan berasal dari aliran sungai yang tidak jauh dari lokasi.

Khawatir ular tersebut akan menyerang warga dan memangsa hewan ternak, salah seorang masyarakat setempat berinisiatif menghubungi anggota Brimob Batalyon C Pelopor Bone yang tinggal tidak jauh di lokasi kejadian untuk menangkap ular berukuran 3 Meter tersebut.

Tidak butuh waktu lama bagi Bripka Ari Susanto (anggota Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel ) untuk mengamankan ular terbesar. Berbekal pengalaman menangani hewan melata dan dibantu salah seorang warga, Bripka Ari berhasil menangkap ular besar ini.

“Kebetulan hari itu saya baru saja pulang ke rumah selepas melaksanakan tugas. Tak lama berselang ada warga yang memanggil saya dan mengatakan ada ular besar di dalam got. Karena saya juga memiliki sedikit pengalaman cara menangani ular jadi saya pergi ke lokasi dan langsung menangkap ular ini dengan dibantu olah seorang warga,” jelas Bripka Ari saat menceritakan kronologis kejadian, Rabu (13/10/2021).

Video aksi heroik anggota Brimob Bone dalam mengamankan ular piton di pemukiman warga ini pun viral dibeberapa media sosial dan telah ditonton ratusan kali.

Saat ini ular piton tersebut telah diamankan Bripka Ari Susanto di kediamannya Asrama Brimob belakang Polsek Kota Tanete Riattang. Rencananya, ular tersebut akan dilepas ke alam yang jauh dari pemukiman warga.

Sementara, Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan, membenarkan aksi heroik yang dilakukan anggotanya.

Ia pun juga mengimbau kepada warga masyarakat selalu waspada, apalagi di penghujung musim kemarau saat ini hewan liar, seperti ular akan sering muncul di dekat pemukiman warga karena berbagai faktor.

“Awalnya saya melihat video tentang penangkapan ular di IG (Instagram) Info Kejadian Bone, ternyata anggota saya, dengan adanya kejadian tersebut saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap kemunculan hewan liar ini dengan memperhatikan lingkungan sekitar dan apabila ada warga yang melihat atau menemukan hewan liar muncul di sekitar pemukiman warga agar segera melaporkan kejadian tersebut pihak yang memiliki kompotensi atau bisa langsung menghubungi kami,” ujarnya.

“Sebagai wujud bhakti Brimob kepada masyarakat, kami akan selalu hadir di tengah masyarakat untuk menjaga kondusifitas kamtibmas, apalagi saat masyarakat membutuhkan kehadiran kami,” tambahnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top