search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Jelajah Pesona Sulawesi 2021, Bersepeda dari Makassar ke Toraja

doelbeckz - Pluz.id Rabu, 10 November 2021 14:00
BERI KETERANGAN. Pengurus komunitas Sepeda Lipat Makassar (Slim) sekaligus panitia pelaksana Jelajah Pesona Sulawesi (JPS) 2021 memberikan keterangan rencana pelaksanaan kegiatan di Claro Makassar, Rabu (10/11/2021). foto: istimewa
BERI KETERANGAN. Pengurus komunitas Sepeda Lipat Makassar (Slim) sekaligus panitia pelaksana Jelajah Pesona Sulawesi (JPS) 2021 memberikan keterangan rencana pelaksanaan kegiatan di Claro Makassar, Rabu (10/11/2021). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Sepeda Lipat Makassar (Slim) sebagai komunitas sepeda pertama yang ada di Makassar kembali menyelenggarakan even nasional bertajuk Jelajah Pesona Sulawesi 2021 (JPS 2021) dengan rute Makassar-Toraja dengan jarak tempuh 333 Kilometer (Km) pada 11-14 November 2021.

Even yang melintasi sembilan kabupaten/kota di Sulsel ini, bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan serta Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) sebagai bentuk upaya untuk memulihkan kondisi perekonomian di sektor pariwisata.

Ketua Sepeda Lipat Makassar ,Yuli Priyono, mengatakan JPS 2021 adalah even yang ditujukan kepada pesepeda lipat penikmat keindahan alam, pencari tantangan, dan penguji ketahanan fisik.

“JPS juga merupakan salah satu ajang silaturahmi para pesepeda lipat, antar komunitas dari seluruh pelosok nusantara dan juga kami ingin mengenalkan Sulsel sebagai salah satu kota tujuan wisata sepeda (sport tourisme),” ungkap Yuli, saat memberikan keterangan rencana pelaksanaan kegiatan di Claro Makassar, Rabu (10/11/2021).

Kegiatan JPS 2021 diikuti pesepeda dari barbagai daerah di Indonesia, diantaranya Merauke, Sorong, Bontang, Paser, Kendari, Jakarta, Yogyakarta, dan Bekasi. Sekitar 150 pesepeda yang akan berpartisipasi.

Ketua Panitia JPS 2021, Syamruddin, mengatakan, selain mengenalkan destinasi wisata Toraja dan daerah-daerah yang dilalui, even ini juga memiliki misi yang paling penting, yaitu mensosialisasikan cara bersepeda sehat di masa pandemi Covid-19. Dimana setiap peserta diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan, physical distancing serta melampirkan surat keterangan bebas Covid-19.

“Rencananya acara pelepasan atau star akan dilakukan di Rumah Jabatan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel pukul 06.00 WITA dan akan melintasi sembilan kota dan kabupaten dan dibagi menjadi tiga kali pitstop,” katanya.

Etape 1, di Kabupaten Barru peserta dijamu makan siang Bapak Bupati Barru dan dilanjut finish etape di Kabupaten Pinrang juga akan disambut welcome dinner Bapak Bupati Pinrang.

Etape 2, Pinrang menuju Cakke disambut Bapak Bupati Enrekang untuk makan siang dan Salat Jumat selanjutnya finish di Cakke sambil menikmati panorama Gunung Nona.

Etape 3, Cakke menuju Tanah Toraja disambut Bapak Bupati Tana Toraja dan makan siang serta pembagian doorprize dan acara seni dan budaya Sulsel dan Tana Toraja kemudian istirahat di Hotel Misiliana.

“Hari Minggu-nya city tour ke Kete Kesu dan Londa serta belanja souvenir dan dilanjut pulang Makassar,” jelas Syamruddin. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top