search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Sekda Makassar Ajak Masyarakat Nikmati Layanan Bus Trans Mamminasata

doelbeckz - Pluz.id Sabtu, 13 November 2021 21:00
LAUNCHING. Sekda Kota Makasssar, Muh Ansar (ketiga kanan), saat menghadiri launching Bus Trans Mamminasata di Kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Makassar, Sabtu (13/11/2021). foto: istimewa
LAUNCHING. Sekda Kota Makasssar, Muh Ansar (ketiga kanan), saat menghadiri launching Bus Trans Mamminasata di Kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Makassar, Sabtu (13/11/2021). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Layanan Teman Bus kini hadir di Kota Makassar dengan empat koridor guna memudahkan masyarakat untuk mobilisasi darat. Layanan Teman Bus merupakan pengembangan angkutan massal di kawasan perkotaan.

Menghadiri launching layanan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makasssar, Muh Ansar, mengajak masyarakat Kota Makassar untuk menikmati fasilitas layanan sebagai salah satu alternatif mobilisasi murah dan nyaman.

“Saya sudah mencoba tadi, Teman Bus sangat nyaman, dengan fasilitas AC, dengan konsep By The Service (BTS) berbasis aplikasi pada Trans Mamminasata, sehingga memudahkan masyarakat dalam pemanfaatannya,” ujar Muh Ansar, Sabtu (13/11/2021).

Empat koridor yang akan dilalui Teman Bus, yakni koridor 1 Terminal Mallengkeri-Kampus Unhas, koridor 2 Mall Panakkukang-Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, koridor 3 Kampus 2 PNUP-Kampus 2 PIP, dan koridor 4 Pelabuhan Soekarno Hatta-UIN Samata.

Untuk awal pengoperasian, selama tiga bulan akan diberikan layanan secara gratis, bagi seluruh masyarakat yang ingin menggunakan fasilitas tersebut, sehingga diharapkan masyarakat dapat beralih dari penggunaan transportasi pribadi ke moda transportasi publik.

Sementara, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Budi Setiyadi, menyampaikan, kehadiran Teman Bus telah didesain agar sesuai dengan angkutan perkotaan yang sudah ada, sehingga nantinya dapat menjadi feeder bagi Teman Bus agar terkoneksi dengan baik.

Launching yang diadakan di kawasan Lego-lego Center Point of Indonesia (CPI) ini, juga dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Gubernus Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Perwakilan dari Forkopinda Povinsi Sulsel, Bupati/Wali Kota se-Mamminasata ataupun yang mewakili, Direktur Bank Indonesia Provinsi Sulsel, BUMN, dan BUMD.

Dalam launching tersebut diserahkan pula secara simbolis kartu elektronik dari bank penerbit kepada para undangan, dimana kartu tersebut dapat digunakan untuk menggunakan fasilitas Teman Bus. Beberapa kartu yang dapat digunakan, seperti Mandiri E-Money, Brizzi dari BRI, dan TapCash dari BNI. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top