search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Danny Pomanto Tinjau Posko Banjir

doelbeckz - Pluz.id Selasa, 16 November 2021 21:00
PENGECEKAN. Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, melakukan pengecekan posko bencana untuk mengantisipasi terjadinya banjir di setiap wilayah Kota Makassar, Selasa (16/11/2021). foto: istimewa
PENGECEKAN. Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, melakukan pengecekan posko bencana untuk mengantisipasi terjadinya banjir di setiap wilayah Kota Makassar, Selasa (16/11/2021). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Memasuki waktu musim hujan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam hal ini Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, melakukan pengecekan posko bencana untuk mengantisipasi terjadinya banjir di setiap wilayah Kota Makassar, Selasa (16/11/2021).

Ada dua posko yang dikunjungi Danny Pomanto, yakni posko bencana banjir Kecamatan Panakkukang dan posko kontainer Kecamatan Manggala.

“Hari ini adalah tindak lanjut dari hari kemarin yang kita rapat koordinasi. Maka hari ini saya ingin memberi pengarahan di Kecamatan Panakkukang dimana saya hari ini sudah memerintahkan mengaktifkan recover kontainer kita sebagai posko siaga bencana. Khususnya banjir dan angin kencang, puting beliung. Salah satunya adalah personil kebersihan kita itu justru bertugas pada saat hujan,” ucapnya.

Danny mengatakan, tugas mereka adalah melancarkan aliran air di seluruh drainase setiap kecamatannya.

“Jadi kalau biasanya hujan, sumbatan-sumbatan akibat pengumpulan sampah itu yang paling dominan, sehingga pada saat hujan itulah mereka bertugas memastikan air lancar untuk mengalir di drainase masing-masing kecamatan dan kelurahan,” ungkapnya.

Danny menjelaskan, posko ini bertujuan untuk memantau sejauh mana kerawanan banjir akibat curah hujan yang tinggi. Dimana saat ini Kota Makassar terpengaruh musim timur. Sebentar lagi akan masuk pengaruh musim barat. Musim barat itu biasanya disertai angin dan sudah terasa.

“Itu sudah terasah sekali, sehingga kita harus mitigasi. Kita harus siaga seperti yang hari ini. Yang tergenang banjir itu di Tello Baru, Kecamatan Manggala yang memang terjebak di situ. Tetapi tadi pagi saya sudah minta untuk dilakukan pemompaan. Genset sudah ada di tempat,” jelasnya.

Adapun imbauan yang disampaikan Danny, yaitu jangan membuang sampah sembarangan, hati-hati dengan listrik, dan hindari keluar rumah saat hujan deras.

“Intinya sampah itu jadi penyumbat drainase dan menyebabkan banjir. Kemudian yang kemarin war room kita khusus untuk pandemi di Karebosi menjadi pusat pengendalian bencana,” katanya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top