search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Apindo Dorong Lahirnya Entrepreneur Baru di Sulsel

doelbeckz - Pluz.id Senin, 22 November 2021 19:00
PEMBUKAAN. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman didampingi Ketua Umum DPN Apindo Hariyadi Sukamdani, Ketua DPP Apindo Sulsel La Tunreng, serta Ketua Panitia Rakerkonprov dan UMKM Ekspo Apindo Sulsel 2021 Anggiat Sinaga membuka Rakerkonprov dan UMKM Ekspo Apindo Sulsel 2021 di Claro Makassar, Senin (22/11/2021). foto: istimewa
PEMBUKAAN. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman didampingi Ketua Umum DPN Apindo Hariyadi Sukamdani, Ketua DPP Apindo Sulsel La Tunreng, serta Ketua Panitia Rakerkonprov dan UMKM Ekspo Apindo Sulsel 2021 Anggiat Sinaga membuka Rakerkonprov dan UMKM Ekspo Apindo Sulsel 2021 di Claro Makassar, Senin (22/11/2021). foto: istimewa

Gelar Rakerkonprov dan UMKM Ekspo Apindo Sulsel 2021

PLUZ.ID, MAKASSAR – Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Provinso Sulsel mengadakan Rapat Kerja dan Konsultasi Provinsi (Rakerkonprov) dan UMKM Ekspo Apindo Sulsel 2021.

Kegiatan yang berlangsung 22-23 November 2021 di Claro Makassar ini, dihadiri sejumlah pengusaha dan pimpinan-pimpinan perbankan.

Rakerkonprov dan UMKM Ekspo ini, dibuka Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman didampingi Ketua Umum DPN Apindo Hariyadi Sukamdani, Ketua DPP Apindo Sulsel La Tunreng, serta Ketua Panitia Rakerkonprov dan UMKM Ekspo Apindo Sulsel 2021 Anggiat Sinaga.

Khusus UMKM Ekspo diikuti beberapa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terbaik di Sulsel serta binaan dari perbankan yang ada di Sulsel.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel sangat mendukung kegiatan Apindo Sulsel.

“Alhamdulillah, dengan diskusi yang panjang lebar kegiatan-kegiatan ini semoga menjadi regulator yang adil bagi pengusaha, adil juga bagi pekerja. Yang kedua juga tentu sebagaimana saya selalu sampaikan pada kegiatan Apindo tahun-tahun sebelumnya. Setiap kegiatan termasuk di usaha-usaha agar pengusaha dapat memberikan apa yang menjadi hak-hak mereka. Kami selalu berusaha bagaimana memberikan juga peluang-peluang bagi pengusaha dan calon-calon pengusaha,” ujarnya.

Ketua Umum DPN Apindo, Hariyadi Sukamdani, mengatakan, pemberdayaan UMKM sebagaimana juga perlu disampaikan mempunyai fokus di dua bidang, yaitu pertama di bidang ketenagakerjaan.

“Di bidang ketenagakerjaan perjuangan panjang kita akhirnya tercapai dengan adanya Undang-Undang (UU) Cipta Kerja.
UU Cipta Kerja ini adalah landasan Upah Minimum Provinsi (UMP) sudah ditentukan dan akan telah berjalan dengan baik,” jelasnya.

“Secara nasional penentuan upah minimum dari 34 provinsi mengikuti aturan yang ada di Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 2021 tentang Pengupahan. Hanya dua provinsi yang mempunyai perbedaan, tapi kami pikir ini juga nanti akan ada koordinasi lebih lanjut pusat, yaitu Yogyakarta dan Maluku Utara. Ini juga akan kita lihat, tapi pada prinsipnya mayoritas provinsi yang ada di Indonesia mendukung sepenuhnya penerapan PP ini, dimana di dalamnya adalah mencakup masalah pengupahan yang menjadi penting bagi kita semua untuk membuat lapangan kerja menjadi efektif,” tambahnya.

Hariyadi Sukamdani menjelaskan, yang kedua, yaitu di bidang investasi. Yaitu, mendorong seluruh pengusaha dapat mengawinkan sistem usaha Indonesia dengan luar negeri. Ini juga menjadi salah satu fokus utama dari Apindo.

“Kami berharap di dalam setiap usaha yang sedang kami buat dapat dihasilkan program-program berkesinambungan yang terukur dan dapat menjadi referensi untuk program-program selanjutnya. Dan ini juga pada kesempatan ini pula kami menyampaikan penghargaan kepada DPP Apindo Sulsel yang telah secara konsisten melakukan program kerjanya dengan sangat baik dan juga tentunya kami berharap Dewan Pimpinan Kota maupun Kabupaten se-Sulsel bisa mengimplementasikan program-program ini dengan baik pula,” jelasnya.

“Kami berharap kehadiran Apindo khususnya di Sulsel ini akan dapat mewarnai dan akan membantu pertumbuhan ekonomi di Sulsel,” tambahnya.

SAMBUTAN. Ketua DPP Apindo Sulsel, La Tunreng, memberikan sambutan pada pembukaan Rakerkonprov dan UMKM Ekspo Apindo Sulsel 2021 di Claro Makassar, Senin (22/11/2021). foto: istimewa

Ketua DPP Apindo Sulsel, La Tunreng, menyampaikan, kegiatan ini akhirnya dapat terlaksana dan dilakukan secara secara hybrid. Pertemuan tatap muka ini merupakan suatu hal yang luar biasa mengingat selama dua tahun terakhir ini kehidupan diwarnai pandemi Covid-19.

“Di Sulsel dengan mulai membaiknya kondisi ekonomi masyarakat, sehingga kami berupaya membantu pemulihan perekonomian Provinsi Sulsel agar kembali seperti sedia kala bahkan menjadi jauh lebih baik dari hari-hari sebelumnya,” kata La Tunreng.

“Pada kesempatan ini izinkan juga saya mengucapkan selamat kepada seluruh DPK Apindo se-Sulsel yang juga baru dilantik tadi, semoga saudara-saudara sekalian senantiasa diberi kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan amanah sebagai pengurus DPK Apindo,” ujarnya.

Khusus kegiatan ini, Rakerkonprov dan UMKM Ekspo 2021 Apindo Sulsel mengangkat tema ‘Peran Dunia Usaha dan Mitra Kerja dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19’.

“Selama ini bertahan hidup kami lakukan hanya agar roda usaha tetap berjalan dengan berbagai perubahan besar yang kami lakukan, sehingga bisa bertahan di tengah pandemi ini. Cara berbisnis, cara bekerja, cara berproduksi hingga cara menjual pun kami sesuaikan semuanya semata demi keberlangsungan usaha kami. Bukan semata untuk kepentingan kami pribadi, tetapi juga kepentingan para pekerja, vendor, suplayer, agen hingga konsumen yang hidup sama-sama bergantung dari berjalannya roda usaha,” katanya.

“Saya berharap DPD dan DPK Apindo Provinsi Sulsel ke depan programkan berbagai kegiatan pelatihan digital dan pelatihan-pelatihan lain agar para anggota kita khususnya UMKM mampu meningkatkan kapasitas dan menjadi top market,” lanjutnya.

LAPORAN. Ketua Panitia Rakerkonprov dan UMKM Ekspo Apindo Sulsel 2021, Anggiat Sinaga, memberikan laporan pada pembukaan Rakerkonprov dan UMKM Ekspo Apindo Sulsel 2021 di Claro Makassar, Senin (22/11/2021). foto: istimewa

Sementara, Ketua Panitia Rakerkonprov UMKM Ekspo Apindo Sulsel 2021, Anggiat Sinaga, mengatakan, Rakerkonprov sengaja dirangkaikan UMKM Ekspo sebagai langkag Apindo Sulsel mendorong UMKM, sehingga terjadi pemerataan ekonomi dan lahirnya enterpreneur-enterpreneur baru. Dimana diketahui 90 persen tenaga kerja terserap pada sektor UMKM.

Rakerkonprov dan UMKM Ekspo ini juga menghadirkan Prof Marzuki, Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Direktur Bank Sulselbar, dan OJK untuk membahas kebijakan-kebijakan strategis untuk pengusaha serta bagaimana skema utang/kredit bagi pengusaha pasca pandemi Covid-19.

“Semoga UMKM Ekspo yang digelar ini, melahirkan usaha-usaha baru melalui konsep B to B (Business to Business) yang kami buat. Dimana kami mengundang mahasiswa-mahasiswa dari lima universitas di Kota Makassar, sehingga mereka bisa menjadi enterpreneur-entrepreneur muda,” terang Anggiat Sinaga. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top