search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Jembatan Sungai Battang Sudah Jalani Uji Beban

doelbeckz - Pluz.id Senin, 22 November 2021 13:00
UJI BEBAN. Jembatan Sungai Battang Palopo/Luwu menjalani uji beban yang dilakukan Minggu (21/11/2021) dini hari. foto: istimewa
UJI BEBAN. Jembatan Sungai Battang Palopo/Luwu menjalani uji beban yang dilakukan Minggu (21/11/2021) dini hari. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Pengerjaan Jembatan Sungai Battang Palopo/Luwu terus dimaksimalkan. Termasuk uji beban yang dilakukan Minggu (21/11/2021) dini hari.

“Alhamdulillah, jembatan saat ini sudah siap uji beban,” kata Andi Sudirman Sulaiman, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Minggu (21/11/2021).

Andi Sudirman memohon maaf kepada warga, karena adanya keterlambatan penyelesaian pengerjaan karena faktor cuaca dan teknis.

Untuk itu, agar proses bisa berjalan lancar mengajak berdoa agar kondisi cuaca di lokasi dapat kondusif.

“Mari kita semua sama-sama berdoa semoga kondisi cuaca dan segela rencana selama uji coba beban dapat berjalan dengan baik, sehingga bisa segera dibuka kembali,” sebutnya.

Sementara, Kepala Bidang Bina Teknik dan Perencanaan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Provinsi Sulsel, Nihaya, menyampaikan, setelah rangka jembatan kembali ke posisi semula atau tidak lagi mengalami kemiringan kemudian dilakukan uji beban untuk memastikan keamanan jembatan.

“Dan untuk saat ini posisi jembatan sudah di posisi normal,” ucapnya.

Selain itu, masih sedikit penambahan pengerjaan penambahan ketinggian wingwall arah Masamba dan menunggu pengeringan campuran sika grout di ujung jembatan dan mengeluarkan dongkrak di bawah jembatan.

Lanjutnya, menyampaikan update terbaru, bahwa, uji beban.

“Pengujian beban kami mulai tadi pukul 23.50, pengujian dinamis pukul 24.00 dan sekarang pukul 01.05 masih berlangsung, Minggu dini hari, 21 November 2021,” jelasnya.

Sebelumnya, Andi Sudirman Sulaiman merespon cepat kondisi jembatan yang menghubungkan akses Kota Palopo dengan Kabupaten Luwu ini yang mengalami keretakan dan miring akibat tergerus arus sungai yang meluap. Mengakibatkan perbatasan daerah ini tidak dapat dilalui.

Andi Sudirman meninjau langsung lokasi jembatan dengan menempuh jalur darat dari Kota Makassar dan tiba pada Selasa malam, 9 November 2021.

Ia melihat langsung progres penanganan jembatan yang dilakukan. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top