search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Rektor UIM Berikan Buku Sajadah Majdah ke Tokoh Muslim Amerika

doelbeckz - Pluz.id Selasa, 17 Mei 2022 13:00
CENDERA MATA. Rektor UIM Dr Ir Hj Andi Majdah M Zain MSi menyerahkan buka sebagai cendera mata kepada Ustaz Umar, salah satu tokoh muslim di Los Angeles, bangsa kulit hitam yang ikut menerima delegasi Indonesia di Amerika Serikat, Selasa (17/5/2022). foto: istimewa
CENDERA MATA. Rektor UIM Dr Ir Hj Andi Majdah M Zain MSi menyerahkan buka sebagai cendera mata kepada Ustaz Umar, salah satu tokoh muslim di Los Angeles, bangsa kulit hitam yang ikut menerima delegasi Indonesia di Amerika Serikat, Selasa (17/5/2022). foto: istimewa

PLUZ.ID, LOS ANGELES – Rektor Universitas Islam Makassar (UIM), Dr Ir Hj Andi Majdah M Zain MSi, mengadakan pertemuan dengan tokoh agama Islam Los Angeles, Amerika Serikat, Selasa (17/5/2022).

Pertemuan yang diinisiasi International Visitor Leadership Program (IVLP) Amerika Serikat ini, mengusung tema ‘Dialog Imama dan Masjid’. Forum ini akan berlangsung 13-27 Mei 2022.

“Kami di Los Angeles berdialog dengan pemimpin lintas agama dari beberapa negara. Khususnya tokoh muslim,” kata Ketua Muslimat NU Sulsel ini.

Majdah memberikan souvenirnya buku Sajadah Majdah yang sudah ditranslate ke dalam Bahasa Inggris, yang berisikan buah pikir dalam berbagai aspek baik pendidikan, agama, sosial budaya, ekonomi keumatan Islam karya Wachyudi Muchsin dan Fachruddin Palapa, kepada Ustaz Umar, salah satu tokoh muslim di Los Angeles, Amerika Serikat, bangsa kulit hitam yang ikut menerima delegasi Indonesia yang dipimpin Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof Dr KH Nasaruddin Umar MA.

Majdah menambahkan, selama berada di Amerika, ia akan mengikuti seminar dan workshop tentang kepemimpinan, berkunjung ke Gedung Putih dan beberapa kampus, serta membangun jaringan kerja sama dengan NGO di Amerika Serikat.

Di forum ini, Indonesia sendiri diwakili sepuluh tokoh. Dua dari sepuluh tokoh tersebut, berasal dari Makassar. Selain Majdah, Imam Besar Masjid Al Markaz Al Islami, KH Maskur Yusuf juga ikut serta dalam program ini. Delegasi Indonesia dipimpin Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof Dr KH Nasaruddin Umar MA.

Majdah mengaku, senang bisa menjadi wakil Indonesia dalam forum internasional itu. Ia berharap forum ini akan menambah wawasan dan berbagi pengalaman bersama semua delegasi bagaimana membangun moderasi beragama di Indonesia.

Selama di Amerika Serikat, delegasi program IVLP akan melakukan pertemuan dan serangkaian kunjungan di sejumlah lembaga. Di Los Angles berkunjung ke IMAN Cultural Center, Muslim Public Affairs Council, dan ke University of Southern California Center for Religion and Civic Culture and American Muslim Civic Leadership Institute, Di San Francisco akan mengunjungi dan berdiskusi di The Graduate Theological Union at Zaytuna College, St Ignatius College Prepatory School.

Sedangkan di Washington DC ke Islamic Society of the Washington Area and Civilizations Exchange and Education Foundation mapun ke All Dulles Area Muslim Society (ADAMS) Center serta ke American Islamic Heritage Museum and Masjid Muhammad.

“Delegasi IVLP IVLP Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) juga diagendakan bertemu dan diterima Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Washington DC,” ujar Majdah.

Ketua Umum IPIM, Prof Dr KH Nasaruddin Umar MA, menjelaskan, sejumlah alumni IVLP se-Indonesia kembali mendapatkan kesempatan ke Amerika Serikat tindak lanjut dari program yang diselenggarakan atas kerja sama antara Pimpinan Pusat IPIM dengan Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.

“Sejumlah anggota delegasi yang ditetapkan ditugaskan untuk mengikuti program kunjungan alumni IVLP di Amerika Serikat yang akan dilaksanakan pada 13-29 Mei 2022,” katanya.

Delegasi IVLP berkunjung ke negara adidaya Amerika Serikat bersama pimpinan wilayah IPIM, yakni Ketua IPIM Sulsel yang juga Imam Masjid Al Markaz Al Islami KH Maskur Yusuf MAg, Abd Aziz Tamauni Ketua IPIM Sulawesi Tengah, Rifad Aby Syahid Sekretaris IPIM Jawa Barat, dan Abd Basir Amin dari IPIM Kepulauan Riau. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top