search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

KKI: Kedudukan PDSI Sama dengan IDI

doelbeckz - Pluz.id Sabtu, 28 Mei 2022 12:00
Prof dr Deby Pada Vinski MSc PhD. foto: istimewa
Prof dr Deby Pada Vinski MSc PhD. foto: istimewa

PLUZ.ID, JAKARTA – Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) menerima audiensi Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI), Selasa (24/5/2022).

Pertemuan ini berlangsung di Kantor KKI dan dihadiri segenap komisioner KKI selaku pejabat negara, yaitu Ketua Konsil Kedokteran Indonesia dr Putu Moda Arsana SpPD KEMD FINASIM, Wakil Ketua Konsil Kedokteran Laksda TNI (Purn) drg Andriani SpOrt FICD, Ketua Konsil Kedokteran Prof dr Taruna Ikrar MBiomed PhD, dan Ketua Konsil Kedokteran Gigi Prof Dr drg Melanie Hendriaty Sadono MBiomed PBO.

Hadir pula anggota Divisi Pembinaan Konsil Kedokteran Drs Hisyam Said Msc, Ketua Divisi pembinaan Konsil Kedokteran Gigi Brigjen TNI AD (purn) Nurdjamil Sayuti MARS, Ketua Divisi Pembinaan Konsil Kedokteran Dr dr Dollar SpKKLP SH MH MM, Ketua Divisi Pendidikan Konsil Kedokteran Gigi, Kolonel TNI AD (purn) Drg Achmad Syukur A MM, Ketua Divisi Registrasi Konsil Kedokteran Gigi Drg Sri Rahayu Mustikowati MKes CfrA, anggota Divisi Registrasi Kedokteran Gigi Dr Vonny Nouva Tubagus SpRad (K), anggota Divisi Registrasi Konsil Kedokteran dr Ni Nyoman Mahartini SpPK (k), anggota Divisi Pendidikan Konsil Kedokteran Gigi Kolonel TNI AD (purn) Drg Nadhyanto SpPros, dan pengurus pusat PDSI, termasuk Letjen TNI (Purn) Prof Dr dr Terawan SpRad (K)RI.

Audiensi diawali dengan kata sambutan dan penyampaian visi misi PDSI dari Ketua Umum PDSI, Brigjen TNI (Purn) dr Jajang Edi Prayitno SpB MARS.

Jajang menyampaikan, PDSI memiliki visi menjadi pelopor reformasi kedokteran Indonesia yang menjunjung tinggi kesejawatan, serta berwawasan Indonesia untuk dunia demi meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

Misi PDSI yang juga disampaikan, diantaranya:
1. Mengayomi dokter dengan bersinergi bersama rakyat dan pemerintah dengan membentuk organisasi dokter yang profesional
2. Meningkatkan taraf kesehatan rakyat Indonesia dan kesejahteraan anggota
3. Mendorong inovasi anak bangsa di bidang kesehatan berwawasan Indonesia untuk dunia.

Dalam kesempatan tersebut, KKI menyambut baik kehadiran PDSI untuk reformasi kesehatan yang lebih baik dimana dr Putu Moda Arsana SpPD-KEMD FINASIM selaku Ketua KKI berharap PDSI menjadikan kemajuan teknologi kedokteran sebagai salah satu fokus, terutama dalam menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN 2025, sehingga dokter Indonesia dapat bersaing secara global.

Ketua KKI juga berharap visi misi PDSI sejalan dengan slogan KKI, yaitu komunikasi, kolaborasi, integritas, dan PDSI senantiasa bersikap strategis.

KKI mendukung PDSI yang sudah sah dan legal menurut undang-undang. KKI juga mengakui PDSI sebagai organisasi masyarakat sama dengan IDI.

Laksda TNI (Purn) drg Andriani Sp Ort FICD selaku Wakil Ketua 1 KKI juga mengucapkan selamat dan menyambut baik kehadiran PDSI yang memberi warna baru dalam dunia kesehatan Indonesia dengan tetap berpegang pada visi-misi mulia yang ditetapkan sendiri PDSI.

Prof dr Taruna Ikrar MBiomed PhD mengucapkan selamat atas berdirinya PDSI dan mengingatkan PDSI bahwa kemajuan IPTEK kedokteran secara global sudah sangat signifikan, sehingga PDSI harus mengantisipasi hal tersebut dengan aktif di dunia internasional juga.

Dalam kesempatan tersebut, sebagai komisioner KKI yang mewakili masyarakat Drs Hisyam Said Msc juga menyambut baik berdirinya PDSI untuk membawa perubahan yang lebih baik dalam memajukan dunia kedokteran.

AUDIENSI. Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) menerima audiensi Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI), Selasa (24/5/2022). foto: istimewa

Di depan awak media, Dr dr Dollar SpKKLP SH MH MM selaku Divisi Pembinaan Konsil Kedokteran KKI juga mengucapkan selamat secara khusus kepada PDSI karena telah diakui negara berdasarkan Surat Keputusa (SK) Kemenkumham, serta berharap PDSI membela NKRI, membela kesejawatan, serta membawa Indonesia untuk dunia sesuai slogan PDSI sendiri. Dan PDSI menjadi Rumah Suci Dokter seluruh Indonesia.

Anggota komisioner lain juga menyambut hangat kehadiran PDSI dan berharap PDSI tetap di jalur yang benar dan selalu strategis dalam bersikap dan bertindak dan memajukan dunia kedokteran Indonesia dalam bentuk reformasi kedokteran.

Prof dr Deby Pada Vinski MSc PhD selaku Wakil Ketua Umum PDSI bersyukur atas sambutan hangat dari seluruh komisioner KKI yang hadir.

Prof Deby mengungkapkan, PDSI mengutamakan kesejawatan dan kemajuan IPTEK, terutama mendukung sejawat dokter di luar negeri untuk kembali ke Indonesia, dimana negara memanggil putra/putri Indonesia yang ada di luar negeri untuk kembali mengabdi di negara kesatuan Republik Indonesia. PDSI bertekad dan berjuang untuk dapat mengembalikan devisa negara yang keluar, dimana masyarakat Indonesia mendapatkan pelayanan kesehatan di Negaranya sendiri.

Menurut Wakil Ketua Umum PDSI selalu siap berkolaborasi dengan organisasi manapun yang sesuai misi dan visinya dengan PDSI.

Dengan tujuan mulia yang dimiliki PDSI tersebut, Prof dr Deby Vinski pun mengimbau agar masyarakat yang biasa berobat ke luar negeri bisa mempercayakan pengobatannya dengan dokter yang ada di Indonesia karena dokter Indonesia tak kalah hebatnya dengan dokter luar negeri. Begitu juga dengan para dokter Indonesia yang ada di luar negeri bersedia kembali ke Tanah Air.

Dr Erfen Gustiawan Suwangto SpKKLP SH MHKes selaku Sekretaris Umum PDSI juga mengungkapkan, PDSI siap menguatkan fungsi KKI sebagai lembaga negara selaku penentu standar pendidikan, standar kompetensi dan lain-lain, sehingga tidak akan ada standar ganda dalam dunia kedokteran Indonesia walaupun sekarang organisasi profesi dokter lebih dari satu.

Letjen TNI (Purn) Prof Dr dr Terawan Sp Rad (K)RI selaku Dewan Pelindung PDSI menutup masukan dari PDSI dengan mengungkapkan harapan agar KKI semakin kuat sebagai lembaga negara.

Konsil Kedokteran Indonesia atau KKI merupakan suatu badan otonom, mandiri, non struktural dan bersifat independen, yang bertanggung jawab kepada Presiden RI.

KKI dan PDSI memiliki cita-cita luhur, yaitu ingin membantu para dokter seluruh Indonesia dan memperjuangkan reformasi kedokteran di Indonesia agar lebih baik. Hal ini sejalan dengan visi misi PDSI tentunya.

Dengan tujuan mulia yang dimiliki PDSI tersebut, Prof dr Deby Vinski pun mengimbau agar masyarakat yang biasa berobat ke luar negeri bisa mempercayakan pengobatannya dengan dokter yang ada di Indonesia karena dokter Indonesia tak kalah hebatnya dengan dokter luar negeri. Begitu juga dengan para dokter Indonesia yang ada di luar negeri bersedia kembali ke Tanah Air.

Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) berdiri pada 27 April 2022 sesuai dengan SK Kemenkumham Republik Indonesia No. AHU-003638.AH.01.07.2022 tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia.

PDSI berdiri atas cita-cita luhur para pendahulu di bidang ilmu kedokteran dengan mengutamakan nilai-nilai kebangsaan, kekeluargaan, sopan-santun, dan senantiasa mengantisipasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran.

Pengurus Pusat PDSI
Dewan Pelindung:
– Letjen TNI (Purn) Prof. Dr. dr. Terawan, Sp. Rad (K)RI
– Dr. dr. Siswanto Pabidang, SH, MM

Dewan Pengawas:
– Dr. dr. Hendrik Sulo, M.Kes, Sp.Rad
– dr. Timbul Tampubolon, SH, MKK

Ketua Umum: Brigjen TNI (Purn) dr. Jajang Edi Prayitno, Sp. B, MARS

Wakil Ketua Umum: Prof. dr. Deby Pada Vinski, M.Sc, Ph.D

Sekretaris Umum: Dr. Erfen Gustiawan Suwangto, Sp.KKLP, SH, MH.Kes

Wakil Sekretaris: Dr. dr. Dahlan Gunawan, Sp.KKLP, MH, MM, M.Kes

Bendahara Umum: dr. Firman P. Sitanggang, Sp. Rad (K) RI

Wakil Bendahara: DR©.dr. M. Arief El Habibie, MSM. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top