search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Pemprov Sulsel Tanam 39 Ribu Bibit Mangrove di Maros

doelbeckz - Pluz.id Sabtu, 28 Mei 2022 10:00
TANAM MANGROVE. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulsel melakukan penanaman bibit mangrove di Desa Marannu, Kecamatan Lau, Kabupeten Maros. foto: istimewa
TANAM MANGROVE. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulsel melakukan penanaman bibit mangrove di Desa Marannu, Kecamatan Lau, Kabupeten Maros. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Sebanyak 39 ribu batang bibit mangrove ditanam Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulsel di Desa Marannu, Kecamatan Lau, Kabupeten Maros.

Penanaman mangrove ini, merupakan salah satu program prioritas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, sebagai salah satu langkah dalam merawat ekosistem alam.

“Alhamdulillah, sebanyak 39 ribu batang bibit mangrove ditanam Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel di Desa Marannu di Maros,” kata Andi Sudirman, Kamis (26/5/2022).

Dalam penanaman mangrove ini, melibatkan masyarakat nelayan, istri nelayan, dan pemuda pemudi yang tergabung dalam kelompok konservasi Desa Marannu.

Andi Sudirman mengatakan, upaya ini, sebagai bentuk pelestarian lingkungan sekitar.

“Kita harap melalui kegiatan penanaman mangrove ini akan menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan. Mari ki sama-sama menjaga lingkungan di sekitar Kita,” pintanya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Siti Zaleha Soebarini, menyampaikan, penanaman mangrove dilakukan di beberapa titik pesisir di Sulsel.

“Untuk tahun ini, program penanaman mangrove dilakukan pada setiap Cabang Dinas Kelautan yang ada di beberapa wilayah Kabupaten/kota. Salah satunya, dilakukan penanaman 39 ribu batang mangrove di Desa Marannu di Kabupaten Maros,” jelasnya.

“Melalui penanaman mangrove ini, bertujuan untuk mencegah abrasi di laut, penyerapan karbon dioksida, menjaga kualitas air dan udara, sebagai habitat perikanan, dan menyediakan sumber kayu bakar. Selain itu, pohon bakau ini, memberikan dampak ekonomi yang luas dan menjadi sumber pendapatan bagi nelayan,” tuturnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top