search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Program Pemkot Makassar Sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Danny Pomanto Hadiri Business Matching Tahap IV di Bali
doelbeckz - Pluz.id Kamis, 06 Oktober 2022 19:00
BERBINCANG. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto berbincang dengan Wali Kota Bogor Bima Arya di sela-sela Business Matching Tahap IV dan Pameran Produk Dalam Negeri di Nusa Dua Convention Center, Bali, Kamis (6/10/2022). foto: istimewa
BERBINCANG. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto berbincang dengan Wali Kota Bogor Bima Arya di sela-sela Business Matching Tahap IV dan Pameran Produk Dalam Negeri di Nusa Dua Convention Center, Bali, Kamis (6/10/2022). foto: istimewa

PLUZ.ID, NUSA DUA – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menegaskan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar telah berkomitmen untuk menghidupkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam rangka meningkatkan kulitas ekonomi warga.

Hal ini disampaikan Danny Pomanto saat menghadiri Business Matching Tahap IV dan Pameran Produk Dalam Negeri di Nusa Dua Convention Center, Bali, Kamis (6/10/2022).

“Kami telah berkomitmen mendorong UMKM kita menjadi startup lorong, melalui digitalisasi kita buat pemasarannya bisa secara hybrid, bisa offline dan online. Program ini terintegrasi di Lorong Wisata,” ujarnya.

Danny mengatakan, terbitnya arahan Presiden RI terkait Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia memperkuat program Pemkot Makassar untuk memaksimalkan pemasaran produk UMKM di lorong.

“Kebijakan Pak Presiden tentu kita dukung terlebih lagi sudah sejalan dengan apa yang sedang kita kerjakan di Makassar,” ujarnya.

Kegiatan yang diprakarsai Kepolisian RI untuk mendukung even G20 ini, dibuka Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam sambutannya, Luhut mengatakan, Business Matching ini, merupakan forum diskusi yang mempertemukan pemerintah daerah dengan produsen barang dalam negeri.

Tujuannya, agar pemerintah daerah membelanjakan barang-barang produksi dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan daerah.

“Business Matching ini, merupakan kick off komitmen kita dimana seluruh Kementerian/Lembaga, BUMN, dan Pemda sudah menandatangani komitmennya untuk belanja produk dalam negeri,” ujarnya.

Luhut mengajak seluruh pemerintah daerah agar kompak dalam melaksanakan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang dicetuskan Presiden Joko Widodo ini, dengan harapan laju inflasi dapat dikendalikan sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Ketika kita kompak, bersama dan bergandeng tangan, tentunya kita akan bisa mengatasi inflasi dan menghapus kemiskinan di negara ini. Ke depan seluruh teman-teman gubernur dan bupati/wali kota agar bisa melaksanakan belanja produk lokal melalui e-catalog,” ujar Luhut.

Kegiatan ini dihadiri Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Hadir pula Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono, serta Perwakilan Kementerian/Lembaga Negara, Pemerintah Daerah, BUMN dan BUMD. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top