search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Ekspor Produk Halal Rp66,4 Miliar Dilepas Gubernur Sulsel ke 10 Negara

doelbeckz - Pluz.id Senin, 17 Oktober 2022 13:00
PELEPASAN. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, melepas ekspor Produk Halal Andalan Sulsel di depan Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Minggu (16/10/2022). foto: istimewa
PELEPASAN. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, melepas ekspor Produk Halal Andalan Sulsel di depan Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Minggu (16/10/2022). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, melepas ekspor Produk Halal Andalan Sulsel dengan total volume sebesar 378,50 ton dengan nilai ekspor sebesar US$ 4,55 juta atau setara dengan Rp66,43 miliar.

Ekspor ini diikuti enam pelaku usaha ekspor, enam produk bersertifikasi halal dengan sepuluh negara tujuan ekspor, yaitu Arab Saudi, Cina, Jerman, Thailand, Malaysia, Jepang, Australia, Singapura, Rusia, dan Amerika Serikat.

Kegiatan pelepasan ekspor ini, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan 353 Tahun Sulsel dengan tema ‘Sulsel Optimis, Sulsel Tangguh, Ekonomi Berdaulat’.

Andi Sudirman melepas di depan Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Minggu (16/10/2022).

“Ekspor kita lepas Rp66 miliar ke Timur Tengah termasuk ke Tiongkok, harapannya agar ekspor ini, menjadi kegiatan yang rutin untuk membangkitkan ekonomi kita,” kata Andi Sudirman.

Pelepasan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memotivasi dan meningkatkan semangat para pelaku usaha ekspor, instansi terkait, asosiasi, dan stakeholder lainnya dalam upaya terus memacu pertumbuhan ekspor Sulsel.

“Kita terus rutin bukan hanya hari ini, hari ini sebagai simbolis, bahwa kita terus mengeskpor dan produknya gas Sulsel seperti udang, produk pertanian,” sebutnya.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo, menyampaikan, pelepasan ekspor ini, difasilitasi Kantor Wilayah Bank Mandiri Regional X Sulawesi dan Maluku, dan Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) DPW Sulselbar.

Perusahaan yang ikut CV Aromata Anugrah Sultan, PT Mars Symbioscience Indonesia, PT Comextra Majora, PT Bogatama Marinusa, PT Wahyu Pradana Binamulia, dan PT Biota Laut Ganggang.

Pelepasan ekspor terselenggara atas kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melalui Dinas Perdagangan dengan instansi terkait, Regional PT Pelindo Makassar, Terminal Petikemas Makassar, Kantor Wilayah Bea dan Cukai Sulsel, Balai Besar Karantina Perikanan, Balai Besar Karantina Pertanian, dan pelaku usaha ekspor. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top