search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Pemkot Makassar Dukung Bakamla RI Integrasikan Keamanan Laut NKRI

doelbeckz - Pluz.id Selasa, 18 Oktober 2022 18:00
BINCANG. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto berbincang dengan Kepala Kantor Keamanan Laut Zona Maritim Tengah Laksamana Pertama Bakamla Hanarko Djodi Pamungkas di Balai Kota Makassar, Selasa (18/10/2022). foto: istimewa
BINCANG. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto berbincang dengan Kepala Kantor Keamanan Laut Zona Maritim Tengah Laksamana Pertama Bakamla Hanarko Djodi Pamungkas di Balai Kota Makassar, Selasa (18/10/2022). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menegaskan dukungannya terhadap upaya Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI untuk mengintegrasikan keamanan wilayah laut Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dukungan ini tertuang dalam Naskah Kerja Sama yang diteken Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dan Bakamla RI di Balai Kota Makassar, Selasa (18/10/2022).

Danny Pomanto mengaku, bangga bisa menjalin kerja sama dengan Bakamla RI. Kehadiran Bakamla RI disebut memberikan rasa aman dan nyaman bagi Makassar.

“Kehadiran Bakamla RI memperkuat positioning Makassar sebagai daerah maritim sekaligus hub Barat dan Timur Indonesia. Saya merasa bangga kerja sama bisa terjalin,” ungkapnya.

Danny mengatakan, persoalan keamanan tidak bisa dipisahkan dengan ekonomi. Pasalnya, keamanan menjadi salah satu faktor pendorong masuknya investor yang dapat memicu peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Sementara, Kepala Kantor Keamanan Laut Zona Maritim Tengah, Laksamana Pertama Bakamla Hanarko Djodi Pamungkas, menyebut, pihaknya tidak sabar ingin berkolaborasi dengan Pemkot Makassar.

Utamanya, pemanfaatan teknologi untuk memantau lalu lintas perairan hingga identifikasi pencemaran, seperti tumpahan minyak yang bisa merusak ekosistem laut.

“Kita juga akan back up persoalan deteksi dini bencana laut,” kata Hanarko Djodi.

Usai penandatanganan, Danny Pomanto dan Hanarko Djodi melanjutkan dengan berdiskusi terkait peluang integrasi teknologi antara Bakamla RI dengan War Room milik Pemkot Makssar.

Hadir dalam pertemuan ini, Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Evi Apryalti, Kepala Dinas Penataan Ruang Fahyuddin Yusuf, Camat Biringkanaya Benyamin Turupadang, dan Kabag Kerja Sama Ismawati Nur. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top