search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Andi Utta Bertemu Rektor Unhas Jajaki Kerja Sama Pemanfaatan Lahan di Bulukumba

doelbeckz - Pluz.id Sabtu, 05 November 2022 10:00
PERTEMUAN. Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf bertemu Rektor Universitas Hasanuddin Prof Jamaluddin Jompa di Gedung Rektorat Unhas, Jumat (4/11/2022). foto: istimewa
PERTEMUAN. Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf bertemu Rektor Universitas Hasanuddin Prof Jamaluddin Jompa di Gedung Rektorat Unhas, Jumat (4/11/2022). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Jamaluddin Jompa mengundang Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf ke Gedung Rektorat Unhas, Jumat (4/11/2022).

Bersama beberapa Wakil Rektor, Prof Jamaluddin Jompa menjamu Bupati Bulukumba makan siang di lantai 8 Gedung Rektorat.

Pertemuan informal ini, dalam rangka menjajaki kerja sama Unhas dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba dalam bidang pertanian dan perikanan. Namun, secara khusus pertemuan tersebut membicarakan rencana kerja sama pemanfaatan aset lahan Unhas seluas 96 Hektare (Ha) di Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba.

Prof Jamaluddin Jompa mengatakan, sejak Unhas berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH), maka Unhas sudah memiliki otonomi penuh untuk mengelola perguruan tinggi sendiri, termasuk mengelola aset dan bisnis.

Diharapkan, dengan pengelolaan bisnis tersebut, Unhas lebih mandiri serta mampu kerjasama dengan pihak pihak lain termasuk pemerintah daerah.

Untuk itu, lanjut Rektor Unhas, pihaknya tidak hanya mengelola aset saja, namun Unhas ingin mengoptimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki, sehingga berada dalam posisi memperkuat daerah kabupaten.

“Unhas juga harus berada dalam posisi membantu pemerintah daerah dalam mengoptimalkan potensi daerah tersebut,” ungkapnya.

“Kita harus serius, jika bupati juga serius maka kita akan saling membantu,” tambah Prof Jamaluddin yang pada pertemuan tersebut mengenang kehidupan kecilnya di Kabupaten Bulukumba.

Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, merespon baik rencana Unhas untuk mengelola aset lahan di Bulukumba yang selama bertahun-tahun tidak diperhatikan.

Andi Utta, sapaan akrab Andi Muchtar Ali Yusuf, mengaku, siap kerja sama dengan bentuk apa saja. Yang penting lahan tersebut bisa dimaksimalkan secara ekonomi dan bisa menyerap tenaga kerja.

“Kerja sama ini bisa mendukung program bibit unggul pemerintah daerah,” kata Andi Utta.

Ia juga berharap, melalui kerja sama, Unhas juga membantu memberikan berbagai kajian dalam mengembangkan sumber daya alam Bulukumba, sehingga mampu meningkatkan produktivitas masyarakat, khususnya di bidang pertanian dan perikanan.

Untuk mengelola kewirausahaan Unhas secara mandiri, Rektor dibantu Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis, Prof Adi Maulana. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top