search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

PKK Bulukumba Juara I Festival Pangan B2SA Tingkat Sulsel

doelbeckz - Pluz.id Kamis, 27 Juli 2023 16:11
MENCICIPI. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel Naoemi Octarina disaksikan Ketua TP PKK Bulukumba, Andi Herfida Muchtar mencicipi menu kudapat produksi PKK Kabupaten Bulukumba pada Festival Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) 2023 tingkat Provinsi Sulsel di Gedung Baruga Karaeng Pattingaloang, Makassar, Selasa (25/7/2023). foto: istimewa
MENCICIPI. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel Naoemi Octarina disaksikan Ketua TP PKK Bulukumba, Andi Herfida Muchtar mencicipi menu kudapat produksi PKK Kabupaten Bulukumba pada Festival Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) 2023 tingkat Provinsi Sulsel di Gedung Baruga Karaeng Pattingaloang, Makassar, Selasa (25/7/2023). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Festival Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) 2023 tingkat Provinsi Sulsel digelar dan dibuka secara resmi Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel Naoemi Octarina di Gedung Baruga Karaeng Pattingaloang, Makassar, Selasa (25/7/2023).

Festival B2SA ini, diikuti TP PKK Kabupaten/Kota se-Sulsel, termasuk TP PKK Kabupaten Bulukumba yang dipimpin langsung Ketua TP PKK Bulukumba, Andi Herfida Muchtar.

Pada ajang ini, Tim Penggerak PKK Kabupaten Bulukumba berhasil meraih Juara I Festival B2SA untuk Kategori Menu Kudapan.

Di Festival B2SA ini, TP PKK Bulukumba menyajikan menu kudapan Doko-doko Tepung Ganyong dengan menu utama Nasi Sorgum dan Pampis Tongkol Asap.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bulukumba, Andi Herfida Muchtar, mengucapkan terima kasih atas kerja keras TP PKK Bulukumba yang melakukan inovasi dari pangan lokal.

Pada festival ini, peserta tidak hanya menyajikan menu B2SA, tapi juga mendemonstrasikan cara mengolah menu yang disajikan melalui live cooking di Baruga Karaeng Pattingaloang.

Andi Herfida menuturkan, untuk menu B2SA, Kabupaten Bulukumba sengaja menyuguhkan olahan dari bahan lokal berupa sorgum dan ganyong.

“Kabupaten Bulukumba ikut serta pada Festival Pangan B2SA, di mana kami menyuguhkan nasi sorgum sebagai menu utama karena sorgum adalah pangan lokal yang ada di Bulukumba dengan kandungan gizi yang sangat baik. Tidak hanya karbohidrat, tapi juga kaya protein,” ujar Andi Herfida yang didampingi pengurus TP PKK Bulukumba.

Sorgum sendiri sedang dikembangkan di Kabupaten Bulukumba dan saat ini dinilai berhasil, karena cocok dengan kondisi daerah tropis.

Saat penjurian, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memuji inovasi yang dilakukan TP PKK Bulukumba. Andi Sudirman yang didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sulsel Naoemi Octarina bahkan mencicipi menu Sorgum dan beberapa menu yang disajikan TP PKK Bulukumba di Festival B2SA ini.

Pada Festival Pangan B2SA, ada empat kategori lomba, yakni menu B2SA, menu kudapan, menu olahan kering dan menu olahan basah.

Lebih lanjut Andi Herfida menerangkan, keikutsertaan PKK Bulukumba dalam Festival B2SA untuk memberikan contoh gizi yang cukup kepada masing-masing usia. Gizi yang seimbang dan berkecukupan yang dapat ditiru nantinya TP PKK desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba.

“Kita beri contoh seperti apa menu yang memenuhi gizi yang cukup kepada masing-masing usia. Tidak hanya bergizi, tapi juga seimbang dan berkecukupan yang dapat ditiru nantinya TP PKK Desa/Kelurahan,” tuturnya.

Sementara, Ketua TP PKK Provinsi Sulsel, Naoemi Octarina, menyampaikan, Festival B2SA Pangan Lokal merupakan salah satu ajang promosi dan termasuk pengembangan dalam rangka mendukung konsumsi pangan B2SA bagi masyarakat untuk diterapkan dalam pola konsumsi sehari-hari.

“Melalui Festival Pangan B2SA, kita berupaya meningkatkan pemahaman masyarakat dalam prinsip B2SA dalam memanfaatkan bahan-bahan lokal, mendorong kreativitas dan inovasi masyarakat dalam mengembangkan bahan lokal yang tersedia,” katanya.

Naoemi berharap, dengan adanya kegiatan ini mampu memaksimalkan bahan pangan lokal untuk pemenuhan gizi B2SA bagi masyarakat.

Pada momentum ini, TP PKK Bulukumba tidak hanya membawa pulang tropi juara I untuk menu Kudapan, tapi juga mendapatkan sepeda yang diberikan Gubernur Sulsel sebagai hadiah tambahan. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top