search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

HUT Makassar Ke-416, Danny Pomanto Tinjau Kesiapan Lokasi Acara

doelbeckz - Pluz.id Senin, 30 Oktober 2023 15:00
PENINJAUAN. Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (kiri), meninjau kesiapan lokasi perayaan HUT Kota Makassar ke-416 yang akan digelar pada 2 November 2023 mendatang di kawasan CPI Makassar, Minggu (29/10/2023). foto: istimewa
PENINJAUAN. Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (kiri), meninjau kesiapan lokasi perayaan HUT Kota Makassar ke-416 yang akan digelar pada 2 November 2023 mendatang di kawasan CPI Makassar, Minggu (29/10/2023). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, meninjau kesiapan lokasi perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Makassar ke-416 yang akan digelar pada 2 November 2023 mendatang.

Rencananya, lokasi acara puncak berada di sepanjang jalan masuk Centre Point of Indonesia (CPI) Makassar sebelah kanan arah menuju kawasan Masjid 99 kubah.

Danny Pomanto tiba di lokasi sekitar pukul 17.00 WITA dan langsung melakukan pengecekan.

JIa terlihat beberapa kali mengarahkan panitia dan berbincang mengenai posisi pertunjukan karnaval budaya.

Dirinya juga sudah menginstruksikan pemasangan spekatator penonton yang tampak sudah mulai dikerjakan di sekitar area pertunjukan.

Wali kota berlatar pendidikan arsitektur ini, ingin agar penampilan Karnaval Budaya itu, beratraksi di tengah jalan lalu di samping kiri-kanannya dipenuhi tamu undangan dan masyarakat yang menyaksikan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar merancang semua agenda yang hanya dilaksanakan pada 2 November, malam. Aksi itu akan menyerupai pertunjukan seni Festival Awa Odori di Jepang.

Nantinya, dalam menyemarakkan Karnaval Budaya ada ribuan remaja atau pemuda-pemudi yang akan tampil. Masing-masing kelurahan akan menghadirkan 50 pemuda yang cakap budaya. Mereka lalu dikenakan pakaian adat dan dilatih seniman atau guru seni.

“Jadi nanti masing-masing penari akan buat satu gerakan atau tarian yang berulang sepanjang rute karnaval,” kata Danny Pomanto, Minggu (29/10/2023).

Tidak hanya para remaja, seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) wanita yang dijuluki Srikandi juga akan ikut menyemarakkan karnaval. Mereka akan menggunakan pakaian adat dari Tana Toraja. Sejumlah komunitas juga ambil bagian, termasuk penyandang disabilitas.

Selain itu, sebelum seluruh rangkaian acara tersebut, wali kota dua periode ini, akan mengadakan jamuan makan malam bagi seluruh tamu VVIP di kawasan tugu MNEK. Sekitar 700 tamu VVIP akan menikmati dinner berlatar belakang perahu Pinisi dan Rumah Adat Tongkonan dari Tana Toraja.

Dari pantauannya tadi, dua Kapal Pinisi dan Rumah Adat Tongkonan itu, sisa menunggu finishing saja.

Danny menambahkan, keterlibatan remaja atau pun milenial dalam HUT Kota ini, bersesuaian dengan tema yakni The Next Gen for All; generasi pelanjut serba bisa dan generasi baru yang memiliki kemampuan adaptasi serta bermanfaat untuk banyak orang. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top