search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

BPS Kolaborasi Pemkot Makassar Wujudkan Lorong Statistik

doelbeckz - Pluz.id Rabu, 01 November 2023 14:53
PERTEMUAN. Kepala BPS Kota Makassar Abdul Hafid mengunjungi kediaman Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Jl Amirullah, Kota Makassar, Selasa (31/10/2023). foto: istimewa
PERTEMUAN. Kepala BPS Kota Makassar Abdul Hafid mengunjungi kediaman Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Jl Amirullah, Kota Makassar, Selasa (31/10/2023). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Makassar bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar siap berkolaborasi mengadakan Lorong Statistik di Kota Makassar.

Dengan adanya Lorong Wisata dan pemberdayaan masyarakat di lorong-lorong, maka kedua pihak ingin agar ada juga Lorong Statistik yang dijadikan sebagai pusat pengembangan statistik.

Kepala BPS Kota Makassar, Abdul Hafid, mengatakan, pihaknya siap bekerja sama dengan Pemkot Makassar dalam mewujudkan itu.

“Tiba-tiba ide itu muncul dari Pak Wali. Kami bercerita bagaimana mengembangkan kehidupan sosial di lorong-lorong jadi muncul inovasi Lorong Statistik,” kata Abdul Hafid usai mengunjungi kediaman Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto di Jl Amirullah, Kota Makassar, Selasa (31/10/2023).

Ia menyambut baik gagasan itu. Selanjutnya, akan berkolaborasi dengan Bappeda Kota Makassar agar bisa ditindaklanjuti.

Apalagi, sebut Hafid, BPS memiliki program desa atau kelurahan cinta statistik.

“Maka dengan metode itu sinergi dengan Lorong Statistik akan jauh lebih bagus terutama di Makassar,” ungkapnya.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, mengatakan, penting untuk melakukan pendataan by lorong. Pasalnya, dengan upaya itu, proses pendataan akan lebih detail.

Termasuk, kata Danny Pomanto, mendata siapa saja yang mampu dan tidak mampu sehingga ada intervensi pemerintah lebih jauh.

Seperti, mengetahui status sosial masing-masing penduduk di lorong; mampu, kurang mampu. Dari situ, pemerintah dapat segera intervensi dalam pengentasan kemiskinan misalnya.

“Jadi itu akan jauh lebih mudah,” kata Danny Pomanto. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top