search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Balitbangda Makassar Bimbingan Teknis Pembuatan Video Inovasi

doelbeckz - Pluz.id Senin, 20 November 2023 22:54
Andi Bukti Djufrie. foto: istimewa 
Andi Bukti Djufrie. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembuatan Video Inovasi. Kegiatan dengan tema ‘Dasar-dasar Pembuatan Video’ ini, dilaksanakan di Hotel Almadera Makassar, Senin (20/11/2023).

Kepala Balitbangda Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie, mengatakan, inovasi merupakan kunci untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing daerah, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Inovasi menjadi salah satu tool dalam mengakselerasi peningkatan daya saing Indonesia.

Suatu inovasi yang baik akan menunjang dan mendukung kemajuan hidup masyarakat, serta andal dalam daya guna. Inovasi dalam proses penyelenggaraan pemerintah merupakan penunjang dan pendukung pembangunan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Namun, hal itu tidak akan berjalan efektif tanpa peran berbagai lapisan masyarakat terutama dalam menyalurkan ide-ide. Inovasi di lingkup daerah atau disebut inovasi daerah diharapkan dapat mengakomodir ide-ide yang belum tertuang dan mendaya gunakan ide-ide.

Sejalan dengan peraturan pemerintah RI Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah pada hakikatnya ditujukan untuk mendukung peningkatan kinerja pemerintah daerah dan pelayanan publik secara optimal dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Sasaran inovasi daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan publik, pemberdayaan, dan peningkatan daya saing daerah,” jelas Andi Bukti.

Sejalan itu, sambung mantan Camat Panakkukang ini, usulan inovasi daerah tentunya tidak dibatasi hanya berasal dari pemerintah daerah, melainkan dibuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi peran masyarakat untuk mengusulkan inovasi daerah.

Praktik inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah yang diatur dalam peraturan perundang-undangan tersebut, tentunya perlu diperkuat dengan upaya dan langkah-langkah strategis agar inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah menjadi hal yang masif untuk dapat diterapkan.

Upaya menumbuhkembangkan dan menyebarluaskan praktik praktik inovasi yang baik secara terus-menerus perlu dilakukan dengan cara memotivasi dan memacu kreativitas pemerintah daerah untuk melakukan inovasi dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

Tiap tahun Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan penilaian Indeks Inovasi Daerah melalui skema kompetisi yang dinamakan Innovative Government Award dimana tiap tahunnya Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar juga ikut dalam penilaian tersebut dan membawa pulang predikat Kota Terinovatif.

Dalam penilaian tersebut menggunakan indikator-indikator yang akan dinilai untuk dikalkulasi menjadi Indeks Inovasi Daerah. Pada tahun ini terdapat 21 indikator yang dinilai untuk perinovasi dengan rincian lima indikator wajib dan 16 indikator pendukung.

“Dari lima indikator wajib tersebut salah satunya, yaitu video inovasi. Video inovasi ini, sangat penting dalam rangka menvisualkan inovasi yang dimiliki, sehingga informasi akan inovasi cepat untuk disampaikan kepada masyarakat dan stakeholder terkait,” jelasnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top