search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Aksi Solidaritas Jurnalis di Gaza

Koalisi Jurnalis Sulsel
doelbeckz - Pluz.id Selasa, 28 November 2023 12:25
AKSI SOLIDARITAS. Sejumlah organisasi pers terdiri dari PJI Sulsel, AJI Makassar, IJTI Sulsel, PFI Makassar, dan Ruang Jurnalis Perempuan Sulsel tergabung dalam Koalisi Jurnalis Sulsel untuk Jurnalis di Jalur Gaza, Palestina mengelar aksi solidaritas peduli bela Palestina di bawah Jembatan Layang (flyover) Makassar, Sulsel, Senin (27/11/2023). foto: istimewa
AKSI SOLIDARITAS. Sejumlah organisasi pers terdiri dari PJI Sulsel, AJI Makassar, IJTI Sulsel, PFI Makassar, dan Ruang Jurnalis Perempuan Sulsel tergabung dalam Koalisi Jurnalis Sulsel untuk Jurnalis di Jalur Gaza, Palestina mengelar aksi solidaritas peduli bela Palestina di bawah Jembatan Layang (flyover) Makassar, Sulsel, Senin (27/11/2023). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Sejumlah organisasi pers terdiri dari Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulsel, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulsel, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar, dan Ruang Jurnalis Perempuan Sulsel tergabung dalam Koalisi Jurnalis Sulsel untuk Jurnalis di Jalur Gaza, Palestina mengelar aksi solidaritas peduli bela Palestina di bawah Jembatan Layang (flyover) Makassar, Sulsel, Senin (27/11/2023) malam.

“Aksi ini adalah aksi solidaritas untuk teman kita sesama jurnalis yang berada Jalur Gaza. Aksi ini kami harap didengar seluruh pihak dan kami mendorong agar dugaan pembunuhan 57 jurnalis serta hilangnya beberapa rekan jurnalis pascakejadian serangan di Gaza di dorong sampai ke pengadilan internasional,” ujar Syafril Rahmat, Inisiator Aksi di sela-sela kegiatan.

Ketua PJI Sulsel ini, berharap, aksi bela jurnalis terus berlanjut ke daerah lain sehingga jurnalis kedepannya tidak mengalami hal yang sama diperlakukan tidak manusiawi. Mengingat nasib jurnalis yang bertugas di jalur Gaza tidak mendapat perlindungan hingga harus terbunuh.

“Khusus di Sulsel kami telah berkomitmen bersatu untuk memperjuangkan kerja-kerja jurnalis secara bersama-sama,” papar pria disapa akrab Ariel ini.

Selain aksi bela jurnalis yang bertugas di Palestina, pihaknya juga bekerja sama dengan lembaga donasi kita bisa.com dalam hal penghalangan dana kemanusiaan untuk korban perang di jalur Gaza, Palestina.

“Aksi ini juga kita bekerja sama dengan lembaga donasi, kita menggalang donasi yang akan kita serahkan kepada relawan kitabisa.com. Insya Allah, kita serahkan secara simbolis. Meski jumlahnya tidak banyak, tapi minimal bisa dibawa ke saudara kita di Gaza,” ucapnya menambahkan.

Dalam aksi itu, sejumlah perwakilan dari organisasi pers menyampaikan orasi kemanusiaan secara bergantian atas keprihatinan nasib jurnalis yang bertugas di jalur Gaza dan warga Palestina. Salah seorang mahasiswa dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar bernama Adhan juga tampil membawa tektrikal monolog yang menggambarkan kondisi di Gaza.

Dalam aksi itu, dibacaka pula pernyataan sikap, yakni mengecam dan mengutuk keras segala serangan pasukan Israel yang membunuh ribu jiwa mulai anak-anak, perempuan, lansia hingga para jurnalis. Mendesak Dewan Keamanan PBB untuk turun tangan menghentikan perang serta menyelamatkan warga sipil di Palestina dan melindungi penuh rekan-rekan jurnalis di Gaza saat melakukan peliputan.

Mendukung penuh seluruh rekan-rekan jurnalis mengabarkan kondisi kekinian dengan menyajikan fakta-fakta kejahatan perang serta dugaan pelanggaran HAM oleh pasukan Israel. Mengimbau agar dalam menyajikan informasi di jalur Gaza tetap mengutamakan jurnalisme damai dan mengutamakan kepentingan warga sipil yang menjadi korban operasi serangan militer Israel.

Mendukung penuh Lembaga Committee to Protect Journalist (CPJ) atau Komite Perlidungan Jurnalis untuk melakukan penyelidikan atas dugaan pembunuhan 57 orang jurnalis, hilangnya tiga orang jurnalis dan membebaskan 19 orang jurnalis yang dilaporkan ditangkap.

Mendesak Mahkamah Kejahatan Internasional atau International Crime Croumont (ICC) mengusut dugaan kejahatan perang di Palestina. Dan Meminta dukungan agar seluruh masyarakat Indonesia dan dunia bersama-sama mendoakan, menyalurkan bantuan bagi rakyat Palestina, dan termasuk Palestina lepas dari tekanan Israel serta peperangan dihentikan. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top