search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Firman Pagarra Bertemu Bank Mandiri Bahas Digitalisasi Pajak Daerah

doelbeckz - Pluz.id Selasa, 30 Januari 2024 10:32
PERTEMUAN. Pj Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, menerima audiensi dari Bank Mandiri di Ruang Sekda Balai Kota Makassar, Senin (29/1/2024). foto: istimewa
PERTEMUAN. Pj Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, menerima audiensi dari Bank Mandiri di Ruang Sekda Balai Kota Makassar, Senin (29/1/2024). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, menerima audiensi dari Bank Mandiri di Ruang Sekda Balai Kota Makassar, Senin (29/1/2024).

Kunjungan Bank Mandiri ini, bertujuan menjalin silatuhrahmi dengan Pj Sekda sekaligus membahas terkait dukungan Bank Mandiri kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

“Bank Mandiri memberikan kemudahan dan dukungan kepada Pemkot Makassar terkait kemudahan pembayaran PBB dan pajak daerah khususnya di Kota Makassar,” ucap Firman Pagarra.

Menurutnya, langkah yang diambil Bank Mandiri sangatlah positif mengingat tujuan utama Pemkot Makassar, yakni memberikan kemudahan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat yang dikemas dalam digitalisasi.

“Semoga dengan adanya dukungan Bank Mandiri bisa lebih memudahkan masyarakat dalam membayar pajak yang berdampak pada kenaikan PAD (Pendapatan Asli Daerah) kita nantinya,” sebut Kepala Bapenda Kota Makassar ini.

Trade Sales Manager Region X Bank Mandiri, Dwi Retno, mengungkapkan, dukungan ini tidak akan menggangu aplikasi yang sudah diciptakan sendiri Pemkot Makassar melalui Bapenda.

“Konsepnya nanti kita akan sambungkan sistem Bank Mandiri dan sistem pembayaran di Pemkot Makassar. Masyarakat tinggal pilih mau Aplikasi Pakinta boleh, mau pake Aplikasi dari Livin Mandiri, ATM Mandiri, bahkan membayar ke agen Bank Mandiri juga boleh,” papar Dwi.

Untuk payung kerja samanya sendiri sudah dilakukan tahun lalu. Namun, untuk lebih detailnya sendiri Memorandum of Understanding (MoU) akan dilakukan melalui dinas terkait.

“Seperti pembayaran PBB dan pajak daerah akan dilakukan MoU di Bapenda. Kita juga dapat PR (Pekerjaan Rumah) dari Pak Sekda untuk mendukung digitalisasi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) itu, nanti MoU-nya dengan Dinas Koperasi dan UKM serta kita juga akan menyasar retribusi di kecamatan,” sebutnya.

Ia berharap, kolaborasi kemudahan ini dapat meningkatkan ketaatan wajib pajak untuk tidak lalai membayar pajak.

“Apalagi tidak perlu antre membayar pajak. Tinggal buka aplikasi di gawai sudah bisa langsung bayar. Ini sangat mudah. Kami harap masyarakat lebih taat pajak,” harap Dwi. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top