search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Danny Pomanto The Indonesian Next Leader

doelbeckz - Pluz.id Jumat, 02 Februari 2024 09:00
PENGHARGAAN. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mendapatkan penghargaan sebagai salah satu The Indonesian Next Leader yang diwakili Asisten III Pemkot Makassar Andi Irwan Bangsawan pada acara Inspiring Leaders and Launching e Book The Indonesian Next Leader di Jakarta, Kamis (1/2/2024). foto: istimewa
PENGHARGAAN. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mendapatkan penghargaan sebagai salah satu The Indonesian Next Leader yang diwakili Asisten III Pemkot Makassar Andi Irwan Bangsawan pada acara Inspiring Leaders and Launching e Book The Indonesian Next Leader di Jakarta, Kamis (1/2/2024). foto: istimewa

PLUZ.ID, JAKARTA – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menjadi salah satu The Indonesian Next Leader.

Danny Pomanto mendapatkan apresiasi sebagai The Indonesian Next Leader dari media nasional. Salah satu media raksasa yang baru saja memasuki usia 54 tahun, 19 Januari 2024 lalu.

The Indonesian Next Leader dikemas dalam bentuk e book yang di dalammya terdapat rekam jejak atau prestasi yang dapat menjadi inspirasi dari para The Indonesian Next Leader untuk masyarakat.

Penghargaan tersebut diterima langsung Asisten III Pemkot Makassar, Andi Irwan Bangsawan, yang mewakili Danny Pomanto.

Dalam sambutannya, Andi Irwan Bangsawan mengatakan, Kota Makassar yang menjadi pintu gerbang Indonesia Timur ini, menjadi salah satu alasan Kota Makassar harus kuat.

Oleh karena itu, inovasi diperlukan untuk mencapai visi misi Pemerintah Kota (Pemkot) Makassa, yakni menjadi kota yang menuju resiliensi dan Sombere and Smart City.

“Untuk mewujudkan misi Pak Wali Kota kami dimana setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) wajib membuat dua inovasi per bidangnya. Jadi untuk tahun 2023 total ada sekitar 169 inovasi yang diciptakan di seluruh OPD Pemkot Makassar. 73 Inovasi bahkan tembus ke Kemeterian PANRB. Ini yang menjadikan Kota Makassar bisa bersaing dan diundang hingga di forum internasional,” ungkapnya di hadapan seluruh peserta Inspiring Leaders and Launching e Book The Indonesian Next Leader di Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Sementara, inisiator The Indonesian Next Leader, Arief Thamrin, mengatakan, ide ini berawal dari tahun politik yang sebentar lagi akan terjadi pergantian presiden dan akan ada 3 ribu jabatan publik yang akan terganti.

Karena itu, pihaknya meneliti beberapa sosok berpengaruh dari beberapa klaster yang memiliki kapabilitas serta kompetensi dalam bentuk inovasi yang berdampak bagi masyarakat luas.

Penghargaan ini terbagi dalam empat klaster, yakni pemimpin daerah, akademisi, kelembagaan dan kementerian serta pengusaha.

Metode penilaian dilakukan selama satu bulan setengah dengan memonitoring langsung kinerja-kinerja serta inovasi yang telah dicetuskan oleh para The Indonesian Next Leader.

Tujuan dan manfaat dari hadirnya e book The Indonesian Next Leader ini, sebagai cermin kepada masyarakat bagaimana kiat-kiat para pemimpin dalam mengambil kebijakan serta dapat memberikan inspirasi sosok segar calon pemimpin Indonesia di masa depan.

Arief menjelaskan, dari 50 calon The Indonesian Next Leader hanya terpilih 18 pemimpin Indonesia di masa depan. Salah satunya Danny Pomanto.

“Untuk pemimpin Kota Makassar sendiri kami memilihnya karena banyak inovasi yang terbukti berdampak kepada masyarakat salah satunya dengan program lorong wisata yang melahirkan ribuan D’lor atau Dewan Lorong,” ujarnya.

Danny juga dinilai sebagai sosok yang ulet dengan berlatar belakang arsitek mampu membangun Kota Makassar dari tempat terkecil yakni lorong.

“Lorong itu kami lihat bisa menekan inflasi di Kota Makassar ini suatu keberhasilan dengan memanfaatkan warga di dalam lorong itu sendiri,” tuturnya.

Selain Wali Kota Makassar, penghargaan ini juga diterima Bupati Pasaman Sumbar, Sabar AS, Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, dan Bakal Calon Bupati Malang, Dwi Indrotito Cahyono.

Untuk Klaster Kelembagaan, ada Laksamana TNI (Purn) H Yudo Margono, Kepala SKK Migas Dwi Kepala Bapanas, Arief Prasetyo, Kepala BP2MI Benny Ramdhani, dan Dirjen IKP Kemenkominfo Usman Kansong.

Klaster Pengusaha, Ketua DPP REI Joko Suranto, Ketua Apindo Shinta, Dirut PT Martina Bryan David Emil Tilaar, dan Director PT Panasonic Gobel Indonesia Intan Abdams. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top