search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Kesbangpol Bulukumba Praseleksi Paskibraka

doelbeckz - Pluz.id Rabu, 21 Februari 2024 19:17
PRASELEKSI. Pemkab Bulukumba melalui Kesbangpol melakukan praseleksi bagi para calon Paskibraka Tingkat Kabupaten Bulukumba 2024. foto: istimewa
PRASELEKSI. Pemkab Bulukumba melalui Kesbangpol melakukan praseleksi bagi para calon Paskibraka Tingkat Kabupaten Bulukumba 2024. foto: istimewa

PLUZ.ID, BULUKUMBA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba melalui Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melakukan praseleksi bagi para calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Bulukumba 2024.

Praseleksi ini dilakukan agar mendapatkan penjaringan lebih dini sebelum para siswa tersebut mendaftar seleksi Paskibraka secara resmi. Hal ini dimaksudkan agar dalam proses seleksi mereka tidak buang buang waktu dan tenaga.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, banyak siswa langsung mendaftar tanpa penjaringan, sehingga mereka banyak yang gugur dan dinilai percuma atau dia dia mendaftar. Untuk itu, Kesbangpol inisiatif melakukan praseleksi untuk menjaring siswa siswa yang memiliki dasar untuk ikut seleksi ke depan.

“Kita ingin siswa kita ini tidak mendaftar percuma. Hasil dari Praseleksi ini yang kita rekomendasikan untuk mengikuti tes seleksi secara terpusat,” ungkap Ahmad Arfan, Kepala Kesbangpol Bulukumba, saat pemantau proses praseleksi di Lapangan Pemuda Bulukumba, Rabu (21/2/2024).

Arfan mengatakan, praseleksi dilaksanakan selama dua hari sejak 20 Februari untuk seluruh siswa SMA/SMK dan sederajat. Proses praseleksi dilakukan dalam beberapa zona untuk sepuluh kecamatan.

Dikatakan, proses praseleksi ini melibatkan unsur Kodim 1411 Bulukumba, Polres Bulukumba, Satpol PP, dan pengurus Purna Paskibraka Bulukumba.

“Ada 30 sekolah yang ikut seleksi, dan kita targetkan ada sekitar dua ratusan siswa yang direkomendasikan ikut seleksi yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 29 Februari mendatang,” ungkap Arfan.

Adapun indikator yang diterapkan dalam Praseleksi Paskibraka ini, lanjutnya, adalah tinggi badan, postur badan ideal, dan kemampuan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dasar.

“Siswa yang lulus praseleksi ini, akan mendapatkan rekomendasi dari sekolahnya masing masing dan selanjutnya mereka akan membuat akun pendaftaran di website Paskibraka Badan Pembinaan Ideologi Pancasila,” terangnya.

Diketahui, saat ini proses seleksi Paskibraka seluruh kabupaten/kota di Indonesia diambil alih pemerintah pusat melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Para siswa yang mendaftar akan mengikuti serangkaian seleksi, salah satunya tes kemampuan dasar melalui CAT.

Adapun Zona Praseleksi yang digelar Kesbangpol sebagai berikut:

Zona 1
Kecamatan Gantarang
Kecamatan Kindang
Kecamatan Bulukumpa
Kecamatan Rilau Ale

Zona 2
Kecamatan Bontobahari
Kecamatan Bontotiro
Kecamatan Herlang
Kecamatan Kajang

Zona 3
Kecamatan Ujungbulu
Kecamatan Ujungloe. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top