search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Pj Gubernur Sulsel Ingin Sidrap Jadi Penghasil Durian Musang King Selain Lumbung Beras

doelbeckz - Pluz.id Rabu, 21 Februari 2024 09:00
Bahtiar Baharuddin. foto: istimewa
Bahtiar Baharuddin. foto: istimewa

PLUZ.ID, SIDRAP – Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) sudah dikenal sebagai lumbung beras, sehingga menjadi penyangga pangan nasional.

Hal inipun mendapatkan apresiasi dari Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, yang disampaikan saat menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Sidrap ke-680 di Halaman Kantor Bupati Sidrap, Selasa (20/2/2024).

Pada HUT kali ini Bahtiar berharap, Sidrap tidak hanya sebagai penghasil beras tetapi dapat menjadi penghasil durian musang king yang saat ini menjadi primadona di Asia Tenggara.

“Kabupaten Sidrap ini luar biasa. Sidrap adalah daerah penyangga pangan secara nasional, sampai Menteri Dalam Negeri memberikan penghargaan,” ungkap Bahtiar.

Bahtiar mengungkapkan, Sulsel memiliki lahan yang sangat luas. Namun, dari 2 juta hektare, baru 700 ribu hektar yang dimanfaatkan untuk pertanian. Iapun berharap, lahan-lahan yang masih kosong bisa ditanami, termasuk di Kabupaten Sidrap.

Selain padi, Bahtiar ingin menjadikan Kabupaten Sidrap sebagai sentra durian musang king.

“Kita akan menjadikan sebagai kawasan khusus durian dan tahun ini kita bagikan 500.000 pohon durian musang king kepada masyarakat Provinsi Sulsel,” katanya.

Begitu juga di sektor peternakan, Pemerintah Provinai (Pemprov) Sulsel dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap terus melakukan pengembangan peternakan melalui Inseminasi Buatan (IB).

“Termasuk peternakan kita melakukan inseminasi buatan secara gratis di seluruh Sulawesi Selatan, supaya dua tiga tahun ke depan bisa menghasilkan sapi yang besar,” ungkapnya.

Sementara, Penjabat Bupati Sidrap, Basra, menyampaikan, terima kasih kepada Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin dan Pj Ketua PKK Sulsel Sofha Marwah, serta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel yang sudah datang ke Kabupaten Sidrap.

Iapun meminta Bahtiar meresmikan sejumlah proyek infrastruktur yang telah rampung dibangun di Kabupaten Sidrap. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top