search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Firman Pagarra Harap Perbankan Bantu UMKM Lorong Naik Kelas

Buka SMES & Financing Expo 2024
doelbeckz - Pluz.id Sabtu, 02 Maret 2024 09:00
PEMBUKAAN. Pj Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra (tengah), membuka SMES & Financing Expo 2024 yang diinisiasi Dinas Koperasi dan UMKM Makassar di TSM Makassar, Kamis (29/2/2024). foto: istimewa
PEMBUKAAN. Pj Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra (tengah), membuka SMES & Financing Expo 2024 yang diinisiasi Dinas Koperasi dan UMKM Makassar di TSM Makassar, Kamis (29/2/2024). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – SMES & Financing Expo 2024 resmi digelar kembali. Kegiatan yang diinisiasi Dinas Koperasi dan UMKM Makassar ini, dibuka resmi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, di Trans Studio Mall (TSM) Makassar, Kamis (29/2/2024).

Tujuan kegiatan ini, untuk memberdayakan dan menumbuhkan iklim usaha yang mendukung pengembangan usaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan memberdayakan ekonomi dan produktivitas masyarakat.

Firman mengatakan, kegiatan ini salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk membuka peluang UMKM yang sudah diinkubasi dan yang membutuhkan permodalan. Karena, kegiatan ini juga dihadiri seluruh perbankan Kota Makassar.

“Tempat ini bisa menjadi peluang bagi UMKM, karena bisa bertemu langsung lembaga pembiayaan dan perbankan. Sekaligus bisa menjawab permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM,” ucapnya.

Dengan keterlibatan perbankan sebagai partner UMKM, kata Firman, dapat menjadi salah satu langkah strategis untuk membawa UMKM naik kelas dan meningkatkan kapasitas usahanya serta memberi ruang terhadap fasilitas kemitraan dan promosi produk.

Sesuai program strategis Pemkot Makassar, yakni pemberdayaan UMKM di Lorong Wisata yang telah terbentuk sebanyak 2.000 Lorong.

Tak hanya itu, dalam kesempatan tersebut Firman juga menyampaikan terkait adanya program prioritas dari pemerintah pusat yang diinisiasi langsung Presiden RI, Joko Widodo.

“Saya harap dengan tiga program prioritas itu perbankan bisa mengambil bagian dalam menyukseskan program tersebut kedepannya,” ujar Firman Pagarra.

Sementara, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar, Kamelia, menambahkan kegiatan ini diisi pelaku UMKM, lembaga perbankan dan koperasi sebanyak 35 booth.

“Ini salah satu upaya untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif sekaligus peningkatan potensi bagi pelaku UMKM yang produktif, khususnya UMKM yang ada di lorong,” sebutnya.

Kegiatan ini pula dirangkaikan dengan launching jingle dari Diskop dan UMKM yang bertemakan semangat pelaku UMKM untuk naik kelas dan bangga akan produknya sendiri.

Launching tersebut ditandai dengan scan product UMKM serentak dilayar LED yang dilakukan Pj Sekda Makassar Firman Hamid Pagarra, Direktur Pengawasaan Lembaga Jasa Keuangan OJK Sulserabar Budi Susetiyo, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar Kamelia. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top